Kaba Terkini

Hujan Deras-Angin Kencang Masih Dera Kabupaten Agam, M.Dt.Maruhun : Warga Diminta Waspada

Lubukbasung, kaba12.com — Hingga Minggu,(4/4) dini hari, terpaan hujan lebat disertai angin kencang masih mendera mayoritas wilayah kabupaten Agam. Kondisi ini, sudah berangsung sejak Kamis,(1/4) dini hari lalu yang memicu serangkaian dampak dan kerusakan yang dialami masyarakat.

Data yang dihimpun kaba12.com, terjangan angin kencang disertai hujan lebat hampir merata terjadi di 16 kecamatan di kabupaten Agam. Bahkan, laporan dampak kebencanaan yang terjadi terlihat tinggi.

Informasi yang dihimpun kaba12.com, dampak terjangan angin kencang dan hujan deras yang terjadi Sabtu-Minggu dini hari ini, juga menyebabkan kerusakan serius di beberapa titik, selain menyebabkan pohon tumbang yang membelintang ditengah jalan, sehingga akses lalulintas terganggu, juga menyebabkan kerusakan di beberapa rumah penduduk.

Tak hanya itu, dampak angin kencang juga menyebabkan beberapa papan nama, baliho bahkan atap halte penumpang angkutan umum di depan kantor Disdukcapil Agam ikut diterbangkan angin kencang.

Baca Juga:  Polsek Tanjung Raya Sebut Kesadaran Pakai Masker di Pasar Tradisional Meningkat

Bahkan, informasi yang diperoleh kaba12.com, terjangan angin kencang yang terjadi di salingka danau Maninjau, kecamatan Tanjung Raya menyebabkan tingginya ombak danau, sehingga menyebabkan kerusakan di beberapa dermaga, bahkan dikuatirkan akan memicu dampak baru, kembali terjangan kasus kematian massal ikan budaya jala apung di danau Maninjau tersebut.

Menyikapi tinggi intensitas kebencanaan yang terjadi sejak 3 hari terakhir, menyusul makin tingginya curah hujan disertai angin kencang di mayoritas wilayah kabupaten Agam, Sekab.Agam M.Dt.Maruhun yang juga kepala BPBD Agam meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

Baca Juga:  Agam Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM 2019

Masyarakat diharapkan untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan jika terjadi perubahan cuaca, pasalnya kondisi cuaca yang kerap berubah mendadak, saat panas, berubah mendadak hujan lebat disertai angin kencang, yang rentan memicu beragam bencana.

“ Kami himbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan segera laporan pada aparat terdekat jika terjadi bencana, “ harap Sekab.Agam itu.

Pemkab.Agam, melalui BPBD,sebut M.Dt.Maruhun, saat ini masih melakukan pembenahan di berbagai lokasi yang terdampak bencana, termasuk memaksimalkan koordinasi dengan berbagai unsur dalam penanganan dampak pasca bencana. “ Kita berharap,masyarakat waspada, sehingga upaya pengurangan risiko bencana bisa dilakukan, “ ulasnya.

Baca Juga:  Ampek Nagari Diterjang Banjir, Tim Rescue “Bertarung Dengan Maut” Evakuasi Warga

Informasi yang diperoleh kaba12.com, beberapa hari terakhir, mayoritas wilayah kabupaten Agam didera dampak bencana angin kencang dan terjangan badai , yang merusak berbagai sarana penting masyarakat, tidak hanya sekolah, rumah, sarana pendidikan lainnya, termasuk sarana ibadah serta sarana lalulintas yang ikut terdampak.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top