Kaba Terkini

Dampak Angin Kencang di Tanjung Raya, Kerugian Capai Puluhan Juta Rupiah

Tanjung Raya, kaba12.com — Dampak yang diakibatkan oleh angin kencang disertai hujan deras yang melanda wilayah Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, pada Minggu (04/4) dinihari menimbulkan kerugian yang cukup banyak.

Setidaknya puluhan bangunan rumah warga, dan fasilitas umum mengalami kerusakan parah akibat dihantam angin kencang serta ditimpa pohon tumbang.

Camat Tanjung Raya Handria Asmi menyebutkan, terdapat sejumlah titik di Kecamatan Tanjung Raya yang terdampak akibat dihantam angin kencang pada Minggu dinihari.

Mulai dari kerusakan pada bangunan rumah, warung, hingga fasilitas umum seperti Puskesmas Pasar Ahad dan pagar objek wisata Taman Muko-muko.

Baca Juga:  DPMN Agam Awasi Khusus Perangkat E-Votting

Ia menyebutkan, sejumlah titik yang terdampak kerusakan akibat dihantam angin kencang itu berada di wilayah Nagari Koto Malintang, Nagari Koto Gadang VI Koto, Nagari Koto Kaciak, dan Nagari Duo Koto.

Hingga saat ini, pihaknya masih menghitung total kerugian yang disebabkan oleh angin kencang. Namun dia memperkirakan total kerugian dari peristiwa tersebut mencapai lebih dari Rp 50 juta.

“Total kerugian akibat peristiwa ini ditaksir mencapai lebih Rp 50 juta. Akan tetapi total kerugian itu masih bersifat sementara, lantaran kita masih menunggu laporan jumlah kerugian dari Walinagari masing-masing,” kata Handria Asmi kepada kaba12.com, Minggu.

Baca Juga:  Warga Gempar Minibus Hantam Tugu Filter di Simpang Gaduik

Camat Tanjung Raya itu menambahkan, tidak ada laporan korban jiwa dari peristiwa itu. Namun proses penanganan, pihaknya bersama tim gabungan dari BPBD Agam, Polsek Tanjung Raya, Kecamatan, TKSK, KSB, Nagari, dan masyarakat sudah ke lokasi untuk melakukan evakuasi dan pembersihan material puing bangunan serta pohon tumbang pasca terjadinya angin kencang.

“Kita bersama tim gabungan sudah datang ke lokasi untuk melakukan evakuasi serta pendataan terhadap kerugian yang ditimbulkan oleh peristiwa ini,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya berharap agar cuaca ekstrim seperti angin kencang disertai hujan deras segera berakhir, sehingga hal ini tidak lagi menimbulkan terjadinya bencana alam maupun kerugian yang ditimbulkan.

Baca Juga:  Hujan Sesaat Lubukbasung Banjir Lagi

Disamping itu, Handria Asmi juga mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada tim gabungan beserta pihak terkait yang telah bekerja ekstra untuk melakukan proses penanganan berupa evakuasi, pembersihan, dan pendataan.

“Alhamdulillah, berkat kerjasama seluruh pihak yang terlibat, rangkaian proses evakuasi dan pembersihan berjalan dengan baik tanpa ada kendala yang dihadapi. Mudah-mudahan cuaca ekstrim segara berakhir, agar peristiwa seperti ini terjadi lagi,” jelasnya

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top