Kaba Terkini

Sukseskan Gerakan Indonesia Menanam, BKSDA Agam Distribusikan Ribuan Bibit Gratis

Lubukbasung, kaba12.com — Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat Resor Agam mendistribusikan ribuan bibit tanaman buah produktif kepada masyarakat dalam mensukseskan program Gerakan Indonesia Menanam dan Agam Menyemai.

Kepala BKSDA Resor Agam, Ade Putra mengatakan, bibit tanaman produktif tersebut merupakan bantuan dari Balai Pengelolaan Daerah Air Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Agam Kuantan sebanyak 9000 batang yang didatangkan langsung dari Binjai, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (27/3) kemarin.

Ia menyebut, masing- masing tanaman produktif yang diterima adalah jenis alpukat 3000 batang, durian 2000 batang, jambu 2000 batang, dan mangga 2000 batang.

Baca Juga:  Pemnag Pasia Laweh Buka Pusdiklat Bagi Anak Nagari

“Totalnya ada 9000 batang tanaman produktif yang kita terima, dan akan didistribusikan secara gratis kepada masyarakat terutama yang tinggal di Kawasan Hutan Cagar Alam Maninjau, komunitas atau organisasi, dan kelompok masyarakat umum lainnya,” kata Ade Putra saat dikonfirmasi kaba12.com, Senin (29/3).

Ia menyebutkan, tujuan disalurkan bibit tanaman produktif ini adalah untuk mendukung pelestarian kawasan hutan dan penghijauan, sehingga hal dinilai efektif dalam mengurangi segala jenis gangguan yang ada di hutan. Karena menurutnya, bibit tanaman yang didistribusikan secara gratis merupakan bibit unggulan.

Baca Juga:  WAG MLK Malaysia Galang Dana, Bantu Bangun Kembali MTI Kapau Yang Terbakar

Selain mensukseskan program Gerakan Indonesia Menanam dan Agam Menyemai, pendistribusian bibit produktif ini juga dimanfaatkan untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021 di masa pandemi Covid-19.

Ia berharap, bagi masyarakat baik perorangan ataupun kelompok dan organisasi yang mendapat bibit tanaman ini untuk segera ditanam dan dijaga. Sehingga dalam waktu beberapa tahun kedepan, bibit tanaman yang ditanam bisa menghasilkan berbagai manfaat, salah satunya dari segi ekonomi.

Ade menerangkan, masing-masing masyarakat atau organisasi dan kelompok yang ingin mendapatkan bantuan bibit unggul ini diharuskan memenuhi syarat.

Baca Juga:  DPRD Siapkan NA Untuk 5 Ranperda Inisiatif

Yaitu bagi masyarakat atau perorangan hanya mengajukan fotocopy KTP. Sedangkan untuk kelompok atau organisasi mengajukan surat permohonan yang ditandatangani oleh ketua pengurus kelompok atau organisasi tersebut.

“Untuk pembagian bibit tanaman ke masyarakat, maksimal kuotanya sebanyak 20 batang per orang. Sementara untuk kelompok atau organisasi, maksimalnya sebanyak 300 batang. Bibit tanaman tersebut dapat dijemput ke kantor BKSDA Resor Agam di Padang Baru, Lubukbasung,” jelas Ade Putra.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top