Kaba Terkini

Pemko dan DPRD Bukittinggi Setujui Rancangan Awal RPJMD 2021-2026

Bukittinggi, KABA12.com — Pemerintah Kota bersama DPRD Bukittinggi tandatangani nota kesepakatan rancangan awal rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Bukittinggi tahun 2021-2026. Penandatanganan itu, dilakukan dalam rapat paripurna di Gedung DPRD, Senin (29/03).

Juru bicara DPRD Bukittinggi, Erdison Nimli, membacakan laporan hasil pembahasan rancangan awal rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Bukittinggi tahun 2021-2026.

Ketua DPRD Bukittinggi, Herman Sofyan, menyampaikan, selaku badan legislatif, pihaknya telah melakukan pembahasan bersama terkait rancangan awal RPJMD 2021-2026 ini. Dimana dari pembahasan selama beberapa hari terakhir, Anggota DPRD menyetujui rancangan awal RPJMD 2021-2026 itu.

Baca Juga:  Pengunjung Membludak, Sampah Menggunung

“Ada beberapa masukan dan saran yang diberikan untuk penyempurnaan rancangan awal RPJMD 2021-2026 ini.
Diantaranya, penyempurnaan dasar hukum dan keterkaitan antar dokumen pendukung perencanaan pembangunan daerah. Penyempurnaan data dan informasi yang tertuang dalam gambaran umum kondisi daerah,” jelasnya.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, mengapresiasi kinerja Anggota DPRD yang telah melakukan pembahasan terkait rancangan awal RPJMD Kota Bukittinggi 2021-2026. Penyusunan rancangan awal RPJMD merupakan penyempurnaan rancangan teknokratik RPJMD dengan berpedoman pada visi misi dan program Kepala Daerah dan Wakil terpilih.

Baca Juga:  Samsung Galaxy S7, smartphone terbaik 2016

“Rancangan teknokratik RPJMS telah disusun dimasa persiapan penyusunan RPJMD beriringan dengan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJMD, yang merupakan prasyarat dalam penyusunan RPJMD,” jelas Erman Safar.

Dalam penyusunan rancangan awal RPJMD, Pemko Bukittinggi telah melakukan Forum Konsultasi Publik (FKP) bersama stakeholder kota, guna menghimpun saran dan masukan. Forum itu, merupakan salah satu pendekatan proses dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah yang bersifat partisipatif.

Visi Kota Bukittinggi 2021-2026, menciptakan Bukittinggi hebat, berlandaskan Adat Basandi Syara’, Syara’ Basansi Kitabullah. Visi itu dijabarkan dalam tujuh misi, hebat sektor peningkatan ekonomi kerakyatan, hebat dalam sektor pendidikan, hebat sektor kesehatan dan lingkungan, hebat dalam sektor kepariwisataan, seni budaya dan olahraga, hebat dalam tata kelola pemerinahan, hebat dalam sektor sosial kemasyarakatan dan hebat dalam sektor pertanian.

Baca Juga:  Kementrian LHK Serahkan Nirwasita Tantra Untuk Wako dan Ketua DPRD Bukittinggi

“Visi misi dan program unggulan tersebut, diterjemahkan ke dalam arsitektur perencanaan pembangunan daerah, berupa tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan serta indikasi program perangkat daerah. Semua diformulasikan ke dalam dokumen RPJMD yang terdiri dari 9 BAB,” jelasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top