Kaba Terkini

Komnas HAM Gelar Semiloka Menuju Bukittinggi Kota Wisata Inklusif

Bukittinggi, KABA12.com — Wakil Wali Kota Bukittinggi Marfendi didampingi Assisten Adm.Pemerintahan Setda Nofrianto.CH dan Inspektur Amri, menerima kunjungan Wakil Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia Amiruddin Al Rahab beserta rombongan di ruang kerja Wakil Walikota Bukittinggi, Selasa (23/03).

Kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi serta dalam rangka penyelenggaraan Seminar dan Lokakarya yang akan digelar oleh Komnas HAM Perwakilan Provinsi Sumatera Barat yang akan digelar pada tanggal 24 Maret 2021 bertempat di Hotel Novotel Bukittinggi dengan tema “Menuju Bukittinggi Sebagai Kota Wisata Inklusif”.

Amiruddin mengatakan, bahwa tujuan dari pada Semiloka ini adalah untuk mengidentifiasi praktik – praktik baik kehidupan yang rukun dibtengah masyarakat kota Bukittinggi untuk pengembangan pariwisata yang inklusif, disamping itu juga mendorong adanya kesepahaman dari berbagai pemangku kepentingan tentang pentingnya menjaga kerukunan dan keberagaman untuk pembangunan pariwisata yang inklusif.

Baca Juga:  Mahasiswa Osaka University Japan KKN Di Lubuk Basung

“Semiloka ini nantinya akan membahas bagaimana membangun pelayanan publik yang baik dan ramah hak asasi manusia di Kota Bukittnggi dan kita berharap nantinya Bukittinggi menjadi cantoh bagi kabupaten dan kota lain dalam hal peningkatan pelayanan public dan lebih inklusif serta ramah hak asasi manusia,” ujarnya.

Disamping itu, Amiruddin juga mengatakan, dengan adanya semiloka ini diharapkan terumusnya konsep indikatorik bagi daerah tujuan wisata yang rukun sebagai basis kota wisata yang inklusif serta adanya peran masyarakat sipil dalam kampanye mewujudkan Bukittnggi sebagai tujuan wisata yang inklusif.

Baca Juga:  #Agam Siaga Covid19, “Kalau Tidak Urgent Tunda Pengurusan Adminduk” Disdukcapil Agam Robah Strategi Pelayanan

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Komnas HAM dengan digelarnya Semiloka yang nantinya diharapkan dapat melahirkan konsep dan indicator sebagai kota tujuan wisata yang rukun untuk pembangunan pariwisata yang inklusif di Bukittinggi.

“Atas nama pemerintah kota Bukittinggi kami mengucapkan terima kasih dengan digelarnya iven Semiloka di Bukittinggi ini. Dengan semiloka ini tentunya juga diharapkan akan melahirkan konsep dan indikator Bukittinggi sebagai kota tujuan wisata yang inklusif nantinya. Kota Bukittinggi merupakan kota yang ramah terhadap tamu, dengan udaranya yang segar dan nyaman yang tidak dimiliki daerah lain, kami siap menyambut baik berbagai iven yang akan diselenggarakan di kota ini,” ungkap Marfendi.

Baca Juga:  Sengketa Pileg 2019, MK Tolak Gugatan PDIP Terhadap PAN di Sumbar

Kemudian Wawako juga menginformasikan bahwa persoalan covid-19 dikota ini apabila ada warga yang terkonfirmasi positif, akan dilakukan zonasi sehingga tidak perlu objek wisata ditutup agar ekonomi masyarakat akan tetap menggeliat, tambahnya.

Semiloka yang akan dibagi atas beberapa sesi yakni akan menjelaskan tentang peluang dan pengembangan pariwisata yang nyaman dan tantangan serta hambatannya, dan pada sesi kedua nantinya akan dirumuskan indicator bagaimana sebuah kota tujuan wisata dinyatakan rukun dalam keberagaman.

Sebagai narasumber nantinya adalah, Wali Kota Bukittinggi, Wakil Ketua Komnas HAM RI, Kepala Dinas Pariwisata Bukittinggi serta Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM Sumbar dengan moderator Dian Novita, M.A.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top