Kaba Terkini

Tercepat di Sumbar, Dana Desa Tahap I-2021 di Agam Sudah Cair

Lubukbasung, kaba12.com — Jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Agam bersama seluruh jajaran pemerintah nagari di kabupaten Agam,buktikan komitmen dan professionalnya dalam pengelolaan keuangan nagari dan implementasinya untuk berbagai kegiatan yang sudah dirancang.

Bahkan, untuk tahun ini, Kabupaten Agam kembali mencatatkan prestasi sebagai daerah yang paling cepat mencairkan dana desa (DD) tahap I tahun 2021 untuk 82 nagari, di Sumatera Barat dari pemerintah pusat. Bahkan dana desa tersebut, sudah langsung masuk ke rekening masing-masing nagari dari departemen keuangan.

Pencairan DD tahap I -2021 untuk 82 nagari yang ada di kabupaten Agam itu, menjadi apresiasi tersendiri bagi Pemkab.Agam, pasalnya menurut Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Cabang Bukittinggi, kabupaten Agam merupakan daerah pertama di Sumbar yang sudah melengkapi berbagai persyaratan dan pelaporan DD, sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan.

Baca Juga:  Kompor Meledak Tiga Rumah Hangus Terbakar

Hal itu dibenarkan H.Teddy Martha, kepala DPMN Agam, yang menjelaskan, Jumat,(12/3) pekan lalu, DD tahap I untuk seluruh nagari di kabupaten Agam sudah dicairkan pemerintah pusat, karena seluruh kelengkapan data yang disyaratkan sudah dipenuhi seluruh nagari.

Diakui Teddy Martha, pihaknya mendorong seluruh pemerintah nagari dibawah koordinasi tim kerja DPMN Agam mendorong secara optimal rampungnya seluruh kegiatan di nagari, terutama yang memanfaatkan dana desa, maupun sumber dana lainnya, karena hal itu penting dalam upaya memacu maksimalnya kegiatan di nagari di berbagai lini.

Baca Juga:  2016, Produksi Jagung di Agam Capai 113.880 Ton

Dijelaskan, khusus DD tahap I -2021 untuk 82 nagari yang tersebar di 16 kecamatan, mencapai Rp27.854.151.000, masing-masing terdiri dari 4 nagari mandiri dengan dana sebesar Rp2.324. 196.600, dan 78 nagari reguler sebesar Rp25.529.954.400.

Dijelaskan Teddy Martha, khusus untuk DD, persyaratan yang harus dipenuhi, sebelum alokasi anggaran dicairkan pemerintah pusat, adanya peraturan bupati (Perbup) tentang rincian dana desa, APB Nagari, surat pengantar dari kepala daerah dan persyaratan lain, yang diinput dalam aplikasi OMSPAN.

Baca Juga:  Bupati Indra Catri Himbau Warga Agam Waspadai Dampak Cuaca Ekstrem

Ditambahkan, DD tahap I yang sudah dicairkan tersebut, diluar dana yang dialokasikan untuk bantuan langsung tunai (BLT), karena khusus untuk dana bantuan sosial itu, masih dalam proses pencairan.

“ Kita berharap, dengan cairnya DD tahap I -2021 tersebut, bisa mendorong mulai bergeraknya kegiatan di seluruh nagari di kabupaten Agam, yang tentu berdampak terdahap kegiatan ekonomi masyarakat,”ujar Teddy Martha lagi.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top