Kaba Terkini

Pemnag Sungai Batang Tetapkan 21 KK Penerima BLT DD Tahun 2021

Sungai Batang, kaba12.com — Pemerintah Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, telah menetapkan calon penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahun 2021 sebanyak 21 Kepala Keluarga (KK). Penetapan calon penerima bansos tunai itu, sebelumnya sudah melalui beberapa rangkaian tahapan agar sesuai dengan kriteria pencalonan.

Kasi Pelayanan Nagari Sungai Batang, Darmansyah kepada kaba12.com menyebutkan, proses penetapan calon penerima BLT DD di tahun 2021 sudah dilakukan melalui musyawarah khusus di tingkat Nagari pada 28 Januari lalu dengan menghadirkan sejumlah unsur seperti Bamus, KAN, perangkat Nagari, tokoh masyarakat, dan lainnya.

Dari hasil musyawarah khusus itu, lanjut Darmansyah, maka ditetapkan sebanyak 21 KK di Nagari Sungai Batang sebagai calon penerima BLT DD di tahun 2021.

“Sasaran atau kriteria penerima BLT DD ini diutamakan adalah masyarakat yang memiliki anggota keluarga mengidap penyakit menahun, tidak menerima bantuan lain, dan dikategorikan sebagai keluarga tidak mampu,” ujarnya, Senin (08/3).

Ia menyebutkan, jumlah nilai bantuan yang akan disalurkan ke masing-masing penerima sebanyak Rp 300.000 per KK di setiap bulannya. Artinya, penerima BLT DD itu akan mendapatkan bantuan setiap bulannya di tahun 2021.

“Bantuan ini merupakan salah satu wujud pemulihan ekonomi masyarakat yang dilakukan pemerintah pada masa pandemi Covid-19,” sebutnya.

Terkait kapan pelaksanaan penyaluran BLT DD tahun 2021 di Nagari Sungai Batang, pihaknya masih belum mengetahui atau mendapatkan informasi tentang itu. Hal ini dikarenakan anggaran dana desa dari pusat belum turun ke tingkat Nagari hingga sekarang.

“Anggaran dana desa belum cair, makanya penyaluran bantuan ini belum dilakukan. Jika anggarannya sudah ada, kita akan bagikan secepatnya kepada masing-masing penerima,” katanya.

Sebelumnya pemerintah pusat telah menginstruksikan kepada pemerintah Desa/Nagari untuk menyiapkan anggaran BLT DD di tahun 2021 yang bersumber dari dana desa. Bantuan itu akan disalurkan dari bulan Januari hingga Desember 2021 senilai Rp 300.000 per KK.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });