Kaba Terkini

Wagub Canangkan Bulan Bhakti Dasa Wisma dan BBGRM Tahun 2021 di Bukittinggi

Bukittinggi, KABA12.com — Gubernur Sumatra Barat melalui Wakil Gubernur, membuka secara resmi pencanangan Bulan Bhakti Dasa Wisma dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVIII tahun 2021 tingkat Provinsi Sumatera Barat. Dengan protokol kesehatan yang ketat, pembukaan pencanangan BBGRM tahun 2021 dilaksanakan di balairung rumah dinas walikota Belakang Balok, Jumat (05/03).

Ketua TP PKK Kota Bukittinggi, Ny. Fiona Erman Safar, mengatakan, Pencanangan Bulan Bhakti Dasa Wisma dan BBGRM tahun 2021 tingkat provinsi Sumatera Barat dilaksanakan di kota Bukittinggi pada tanggal 5 Maret 2021 dengan tema “Melalui Bulan Bhakti Dasa Wisma dan BBGRM kita perkuat semangat gotong royng dalam mengefektifkan penerapan protokol kesehatan serta pemanfaatan pekarangan dengan Hatinya PKK di Dasa Wisma”.

“Terima kasih kepada TP PKK Sumbar yang percayakan Bukittinggi jadi tuan rumah pencanangan Bulan Bhakti Dasa Wisma dan BBGRM tahun 2021. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Bukittinggi untuk lebih berupaya dalam bersama dengan pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat. Diitunjuknya Bukittinggi sebagai tuan rumah karena Kota Bukittinggi merupakan juara pada tahun 2020 lalu. Bulan Bhakti Dasa Wisma dan BBGRM tahun 2021 ini, diikuti 200 peserta dari Kabupaten / Kota masing – masingnya berjumlah 8 orang yang terdiri dari unsur ketua, wakil ketua dan sekretaris TP PKK Kab/Kota, dari dinas terkait dan dari dasa wisma berprestasi tahun 2021,” ujarnya.

Ny. Fiona menambahkan, kelompok dasawisma merupakan kelompok terkecil di tengah masyarakat. Jika semua bergerak bersama, tentu 1055 dasawisama di Bukittinggi akan menjadi motor untuk menyelesaikan persoalan di tengah masyarakat, termasuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Bersama TP PKK dan dasawisma, kami akan fokus untuk berbakti mengatasi masalah ekonomi masyarakat dan menciptakan dasawisma siaga dan daswisma sehat di tengah masyarakat,” ujarnya.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, kegiatan yang dilakoni oleh ibu kepala daerah bersama TP PKK dan dasawisma, diharapkan dapat menyentuh level terendah dari masyarakat. Karena saat ini, semua berada dalam masa pandemi, dampak terhadap ekonomi sedikit banyaknya menyumbang masalah sosial.

“Untuk itu, kami berharap TP PKK dapat hadir di tengah masyarakat sehingga lahir ketahanan keluarga dan ketahanan masyarakat. Program PKK bisa jadi vaksin di tengah kehidupan yang sedang turun. Saat ini perekonomian di Bukittinggi menurun di seluruh aspek. Untuk itu, kami lakukan pendekatan melalui TP PKK dan menggandeng ulama dalam melaksanakan sekolah keluarga, untuk meningkatkan keimanan,” ungkap Wako.

Ketua TP PKK Sumbar, Ny. Harneli Mahyeldi, menyampaikan, dengan pencanangan bulan daswisma, diharapakan semua dasawisma di Sumatra Barat dapat menjalankan program dengan baik dalam rangka menciptakan ketahanan keluarga.

“Jangan hanya sekadar data, tapi program dasawisma dan 10 program pokok PKK dapat dijalankan dengan maksimal. Program harus menyentuh kepada masyarakat. Ketahanan keluarga sangat penting untuk meminimalisir masalah sosial. Dengan Bulan Bhakti Dasa Wisma dan BBGRM, kita harap gotong royong tidak hanya di masyarakat tapi juga dalam keluarga. Kita ingin majukan daerah kita semua. Untuk itu, program dasawisma harus sinergi antara provinsi dengan kabupaten kota, termasuk dengan program pemerintah. Dengan gotong royong itu, kita berharap Sumbar akan lebih baik,” ungkapnya.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, menyampaikan, Bulan Bhakti Dasa Wisma dan BBGRM tahun 2021, merupakan momen untuk pemerintah daerah se Sumatra Barat, bersama memutus mata rantai penyebaran covid-19. Dengan kebersamaan, tentu upaya penerapan protokol kesehatan harus terus disosialisasikan, termasuk vaksinasi.

“Kita tahu, covid-19 masih melanda negeri kita. Dengan vaksin, pandemi kita harapkan cepat mereda. Mari bersama dukung program pemerintah, termasuk program vaksinasi covid-19 dan kepala daerah harus jadi contoh. Kami berharap, terus terapkan protokol kesehatan. Masih banyak kekurangan yang terjadi, tapi kita harus saling mengingatkan,” ungkap Audy.

Wagub berharap tema “Bulan Bhakti Dasa Wisma dan BBGRM, kita perkuat semangat gotong royong dalam mengefektifkan penerapan protokol kesehatan serta pemanfaatan pekarangan dengan Hatinya PKK di Dasa Wisma” dapat direalisasikan. Sehingga apa yang diharapkan dapat terwujud, karena melalui dasawisma, sosialisasi untuk menciptakan ketahanan keluarga dapat dijalankan maksimal.

Pecanangan Bulan Bakti Dasawisma dan BBGRM ke XVIII tahun 2021 ini, juga dihadiri sejumlah Bupati, Wali Kota, Wakil Bupati dan Wakil Bupati se Sumbar.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });