Kaba Terkini

Lulus Tes Administrasi, 4 Orang Calon Perangkat Nagari Maninjau Ikuti Ujian Tulis

Maninjau, kaba12.com — Pemerintah Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, melaksanakan kegiatan ujian tes tertulis bagi 4 orang peserta calon perangkat Nagari.
Calon perangkat Nagari itu mengikuti ujian seleksi yang nantinya akan 1 kekosongan jabatan yakni Wali Jorong Gasang.

Ujian tersebut dilaksanakan setelah 4 orang peserta calon perangkat Nagari itu dinyatakan lulus dalam tes administrasi. Ujian tertulis ini diselenggarakan di aula kantor Walinagari Maninjau, Kamis (04/3), serta melibatkan tim seleksi dari Pemerintah Kecamatan dan tokoh masyarakat.

Ketua tim seleksi, Bayu Wiranatha menyebutkan, pelaksanaan tes ujian tertulis bagi calon Wali Jorong Gasang atau perangkat Nagari Maninjau merupakan salah satu tahapan penting yang dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan. Ia menyebutkan, ujian seleksi yang dilakukan bagi peserta calon Wali Jorong menggunakan sistem aplikasi Quizizz yang bisa diakses oleh peserta melalui smartphone androidnya.

“Kelebihan menggunakan sistem aplikasi ini adalah para peserta dapat mengakses hasil ujian tulis yang dilaksanakan secara langsung atau real-time, sehingga keutamaan transparansi nilai dalam seleksi bisa diwujudkan,” kata Bayu Wiranatha kepada kaba12.com, Kamis.

Bayu menjelaskan, salah satu keunggulan menggunakan sistem aplikasi adalah dapat mengantisipasi kecurigaan-kecurigaan terhadap panitia yang menyelenggarakan ujian, serta lebih memudahkan para peserta dalam pengisiannya.

Disamping itu, tes tertulis menggunakan aplikasi ini dapat memangkas waktu pelaksanaannya. Dimana sebelumnya ujian tertulis digelar selama tiga hari, namun untuk sekarang bisa diselesaikan dalam satu hari.

“Jadi, kita mencoba alihkan sistem ujian tulis dengan menggunakan teknologi, sekaligus menjalani protokol kesehatan karena alat yang digunakan milik masing-masing peserta, sehingga resiko penularan Covid-19 bisa diminimalisir,” ujar Kasi Tata Pemerintahan dan Pelayanan Kecamatan Tanjung Raya itu.

Ia menambahkan, keempat peserta ini akan mengikuti beberapa rangkaian tes seleksi, yaitu tes tertulis, tes komputer, dan tes wawancara.

“Mudah-mudahan dengan mekanisme tes seleksi yang terus di-update menggunakan teknologi, dapat menciptakan tenaga/aparatur yang lebih handal kedepan. Sehingga nantinya diharapkan bisa mengoptimalkan segala pembangunan di Nagari dengan kemampuan berteknologi yang dimiliki oleh peserta calon perangkat Nagari,” jelasnya.

Sementara itu, Walinagari Maninjau Alfian menyebutkan, kekosongan jabatan Wali Jorong Gasang sudah dialami sejak beberapa waktu. Hal ini dikarenakan Wali Jorong Gasang sebelumnya tidak sanggup lagi menjalankan tugas atau mengundurkan diri dari jabatannya.

“Awalnya masa jabatan beliau sebagai Wali Jorong Gasang itu sudah habis sejak beberapa waktu lalu. Tetapi sesuai dengan Permendagri, beliau bisa diangkat kembali menjadi Wali Jorong. Namun beliau tidak sanggup lagi dicalonkan untuk menjalankan tugas Wali Jorong, maka ia membuat pernyataan mengundurkan diri dari jabatan itu,” ungkap Alfian.

Disisi lain, bagi peserta calon Wali Jorong Gasang yang lulus seleksi (terpilih-red), pihaknya berharap agar nantinya bisa bekerjasama dan memiliki dedikasi tinggi untuk memajukan serta melaksanakan segala program di Nagari Maninjau.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });