Kaba Terkini

Wako Buka Khatam Al Qur’an MDTA Sawah Paduan dan Masjid Baiturrahman Banto Darano

Bukittinggi, KABA12.com — Wali kota Bukittinggi Erman Safar membuka secara resmi acara Khatam Al Qur’an ke V MDTA Sawah Paduan yang bertempat di Mushalla Ath Tayyibah Sawah Paduan Kelurahan Pakan Kurai Kecamatan Guguk Panjang, Minggu (28/02).

Khatam Al Qur’an MDTA Sawah Paduan yang diikuti oleh 14 orang santri tersebut selain dihadiri oleh Walikota Erman Safar juga dihadiri oleh Pengurus MDTA Sawah Paduan yang juga merupakan anggota DPRD Kota Bukittinggi Edison Khatik Basa, tokoh Masyarakat Khairul Hamdi, Lurah Pakan Kurai Tomi Hidayat, Ketua RW dan RT, Majelis taklim serta orang tua murid.

Kepala MDTA Sawah Paduan, M. Yunus, mengucapkan maaf atas tertundanya pelaksanaan acara khatam Qur’an ke V ini karena situasi pandemi covid-9 yang melanda dan berterima kasih kepada orang tua murid yang telah membantu terlaksananya kegiatan Khatam Al Qur’an MDTA Sawah Paduan.

“Pelaksanaan Khatam Al Qur’an ini rencananya dilaksanakan pada tahun 2020 karena kondisi pandemi covid baru saat ini dapat dilaksanakan dan semua peserta telah dilakukan uji kelayakan oleh Kemenag pada bulan Maret 2020 dan pelaksanaan kali ini harus memperhatikan protokol kesehatan,” ujarnya.

Anggota DPRD Bukittinggi, Edison Khatik Basa, selaku pengurus MDTA Sawah Paduan menyampaikan sejarah berdirinya MDTA yang awalnya merupakan rumah petak yang disulap menjadi tempat belajar karena adanya niat dari masyarakat untuk membangun MDTA, sebab adanya kekhawatiran anak – anak belajar cukup jauh dari rumahnya dan diresmikan pada tahun 2013.

“Kita harapkan MDTA ini akan lebih berkembang, pada tahun 2018 telah dialokasikan dana pokir sebesar Rp.400 juta dan telah telah selesai dibangun 2 lokal permanen dengan kostruksi siap dibangun untuk tiga lantai.
Pada tahun 2021 juga kembali dialokasikan dana pokir kami selaku anggota DPRD Bukittinggi sebesar Rp 200 juta untuk pembangunan satu lantai lagi yang akan dimanfaatkan untuk pondok Tahfizh, ini adalah sebuah harapan, untuk itu mohon dukungan dari Bapak Walikota,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Sawah Paduan dan mengajak masyarakat untuk bergandeng tangan guna membangun Bukittinggi karena Pilkada sudah selesai.

Disamping itu Erman menyampaikan beberapa rencana kegiatan dibidang keagamaan seperti akan dilaksanakannya Progra. Subuh Berjamaah setiap hari Jum’at yang akan diikuti oleh semua ASN dan masyarakat.

“InsyaAllah setiap Subuh Jum’at akan dilakukan shalat subuh berjamaah oleh seluruh ASN. Saat ini kita sedang menyusun Bersama Dinas Pendidikan bagaimana ditingkat SD/MI muatan local diisi dengan pembelajaran yang bernuansa Islami, juga akan dilakukan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan guru mengaji yang ada di Bukittinggi yang sedang dicari instrumennya. Kemudian anak – anak ini perlu disiapkan dari sejak dini, karena setelah tamat SMA dan mulai mandiri serta memisahkan diri dari keluarga untuk mencari kehidupan seperti pergi merantau, maka yang menjaganya adalah iman yang ada di dadanya yang telah ditanamkan oleh orang tuanya,” ujar Wako Erman Safar.

Sebelum membuka acara Khatam Al Qur’an MDTA Sawah Paduan, Erman Safar juga melepas pawai taaruf Khatam Al Qur’an ke 25 Masjid Baiturrahman RW 04 Banto Darano Kelurahan Campago Guguak Bulek Kecamatan MKS yang diikuti oleh 10 orang santri yang terdiri dari 2 orang putra dan 8 orang putri.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });