Kaba Terkini

Ichsan Maulana dan Puti Nilam Sari Duta GenRe Bukittinggi 2021

Bukittinggi, KABA12.com — Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB), gelar grand final pemilihan duta GenRe tahun 2021.

Kegiatan dengan mengedepankan protokol kesehatan itu, dibuka Plt Asisten II Setdako, di Auditorium Pustaka Bung Hatta, Kamis (25/02).

Kepala DP3APPKB Bukittinggi, Tati Yasmarni, menjelaskan, pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) tahun 2021 berbeda dengan tahun sebelumnya, karena diterapkan protokol kesehatan yang ketat. Dari 103 pendaftar, terpilih 16 finalis yang siap menjadi Duta GenRe Bukittinggi 2021.

“Pemilihan duta genre dilaksanakan bertingkat, mulai dari tingkat kota hingga nasional. Kegiatan ini merupakan proyek prioritas nasional. Karena pemerintah meyakini dengan prioritas terhadap kegiatan keremajaan, mereka siap untuk menerima estafet kepemimpinan bangsa dimasa yang akan datang,” jelas Tati Yasmarni.

Kepala DP3APPKB, memaparkan, pemilihan Duta GenRe ini memiliki target untuk memastikan remaja memahami bahwa tidak baik melakukan pernikahan di usia anak. Karena dengan tidak melakukan pernikahan dini, bisa mencegah persoalan stunting dan persoalan sosial ekonomi lainnya.

“Mereka harus mampu mengkampanyekan menikah minimal di usia 22 untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki laki,” ungkapnya.

Kedua, lanjut Tati, dalam pembekalannya, Duta GenRe juga diajarkan agar mereka siap menjadi generasi penerus yang sehat dan berdaya saing, sehingga tidak bisa dirusak oleh budaya asing. Sistem yang diberikan memastikan mereka tahu, seperti apa resiko dan seperti apa hancurnya masa depannya jika mereka tidak mengerti dengan ketahanan.

“Kita juga ajarkan dan arahkan mereka untuk tidak melakukan pergaulan bebas. Dengan pergaulan bebas bisa lahir LGBT. Untuk itu, kita kembalikan danntingkatkan kepercayaan mereka kepada keluarga. Orang tua dan keluarga tempat curhat yang benar. Selain itu, kita jelaskan tentang menjaga kesehatan reproduksi, agar tidak terkena kanker serviks. Karena penyakit sangat rentan dengan remaja,” ulasnya.

Sekertaris BKKBN Sumbar, Nova Dewita, mengapresiasi pemerintah kota Bukittinggi. yang menyelenggarakan pemilihan Duta GenRe 2021. Ini membuktikan bahwa Bukittinggi peduli dengan masa depan bangsa, melalui kesiapan dari remaja yang berkarakter dan berencana.

“Kita harus mampu menyiapkan diri untuk meraih demografi dan Indonesia emas. Pemilihan Duta GenRe menjdi salah satu langkah dalam rangka mencari figur yang berkarakter, terampil berketuhanan YME. Dengan prinsip itu, tentunya remaja usia produktif di Sumbar ini ditargetkan dapat menerima era bonus demografi dan siap menjadi pemimpin yang tangguh di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Wali Kota Bukittinggi, diwakili Plt Asisten II Setdako, Isra Yonza, menyampaikan, Duta GenRe merupakan penggerak perubahan. Pemilihan ini tentunya para finalis dapat diberikan ilmu tentang bagaimana membentuk remaja hebat menuju Indonesia emas.

“Pemerintah Kota Bukittinggi siap mendukung kegiatan dari segala sisi. Pemko tidak hanya memberikan supprot dibidang pendanaan, tapi juga berkomitmen untuk membangun remaja, dengan memasukkan program keremajaan dalam visi misi pemerintah kota. Kita tidak hanya bangun fisik tapi juga mental, salah satunya dengan program seperti ini,” ujarnya.

Dalam grand final ini, GenRe Kota Bukittinggi, juga menampilkan jingle, “Rencanakan Masa Depan, ciptaan Emil Anwar, Sekretaris DP3APPKB. Dari penilain juri, Bundo Linda Zoebir, Psikolog Emmalia, Pakar GenRe Desra, diputuskan terbaik putra : Ichsan Maulana (SMA 2 Bukittinggi), terbaik putri : Puti Nilam Sari (SMA 5 Bukittinggi). Juara 2 putra : Muhammad Akbar Hakim (SMA 4 BKT, juara 2 putri : Dwi Fauziatul Huda (MAN 2 BKT). Juara 3 putra: Frizky Aldo Ryon (Univ. Perintis Indonesia), juara 3 putri : Tri Hamzani Rizki (Poltekes).

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });