Kaba Terkini

Musrenbang Kelurahan Bukik Apik Apungkan Realisasi BUMK

Bukittinggi, KABA12.com — Kelurahan Bukik Apik Puhun Kecamatan Guguak Panjang melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Rabu (10/02).

Sejumlah usulan kegiatan prioritas diusulkan baik fisik maupun non fisik.

Untuk kegiatan fisik meliputi penanggulangan banjir terutama RW 4 dan RW 2 tepatnya sekitaran Masjid Baiturrahman dan pintu masuk Janjang Saribu, persoalan air bersih, pembukaan jalan lingkung baru di depan SMK 2 Bukittinggi Ranjau Bawah dan tembus ke Ranjau Ateh.

Untuk bidang ekonomi, meneruskan harapan almarhum Anggota DPRD Maderizal untuk menjadikan Bukik Apik Puhun sebagai sentra pertanian dan agrowisata.

Baca Juga:  Hasil Musrenbang Tanjung Raya, 18 Usulan Masuk Skala Prioritas

“Hal ini dapat diwujudkan dengan pembukaan lahan baru penanaman jagung dan buah naga. Ditambah tanaman bunga hias. Direncanakan sentra pertanian dan agrowisata di kawasan Ngarai Koto Barangai. Dari peningkatan ekonomi kerakyatan ini, kita berharap kepada unsur pelaksana ekonomi kerakyatan di kelurahan dapat mewujudkan dalam bentuk Badan Usaha Milik Kelurahan (BUMK). Seluruh sektor ekonomi kerakyatan di Kelurahan Bukik Apik Puhun nantinya berada di bawah naungan BUMK,” ujar Ketua LPM Kelurahan Bukik Apik Puhun Hendra Eka Putra St.Rangkayo Mulia.

Hendra Mulia menambahkan berdasarkan kondisi di Bukik Apik Puhun yang mempunyai satu lahan di lokasi eks kantor lurah, akan dijadikan gedung serbaguna sekaligus galeri hasil kerajinan UMKM di Kelurahan Bukit Apit Puhun.

Baca Juga:  Pemko Bukittinggi Gelar Musrenbang RPJMD 2021-2026

Anggota DPRD Bukittinggi, Edison Katik Basa bersama Erdison Nimli, Zulhamdi Nova Candra dan Arnis Malin Palimo, usulan pembentukan BUMK ini merupakan terobosan baru untuk tingkat kelurahan. Hal ini berpotensi untuk dikembangkan di setiap kelurahan di Bukittinggi.

“BUMK dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan yang dikelola langsung unsur masyarakat kelurahan. Usaha ekonomi kerakyatan meliputi hasil pengolahan pangan, pengelolaan dan pengaturan sarana prasarana yang diperuntukkan Pemko kepada usaha kecil dan menengah khususnya di Bukik Apik Puhun. Diharapkan BUMK ini dapat menjadi badan usaha milik kelurahan yang akan mensejahterakan UMKM di kelurahan, sekaligus membuka lapangan kerja bagi generasi muda,” ungkap Edison Katik Basa.

Baca Juga:  SDN 31 Kampung Caniago Agam Menuju Adiwiyata Sumbar

Lebih lanjut, anggota DPRD Bukittinggi Dapil Guguak Panjang sepakat mendukung kehadiran BUMK di Kelurahan Bukik Apik Puhun, dan akan mengalokasikan dana pokok-pokok pikirannya untuk pengembangan BUMK tersebut demi kesejahteraan masyarakat.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top