Kaba Terkini

Percepat Bentuk Dasawisma di Nagari, Sekda Agam Minta Wali Nagari Bantu PKK

Lubukbasung, KABA12.com — Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto meminta wali nagari segera membantu PKK dalam mempercepat terbentuknya kelompok dasawisma di nagarinya.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto dalam sambutannya saat menghadiri acara penilaian lapangan lomba kelompok dasawisma berprestasi tingkat provinsi Sumbar yang dihadiri wali nagari dan kader PKK di Agam, Senin (1/2).

Baca Juga:  DPRD Rokan Hilir Pelajari Tatib Dewan Bukittinggi

“Tolong percepat pembentukan dasawisma yang ada di nagari. Karena, kehadiran dasawisma sangat membantu wali nagari,” pintanya.

Menurutnya, melalui dana nagari, wali nagari diminta menganggarkan untuk program PKK, sehingga, membuka peluang mereka agar bisa berperan lebih. Seperti memberikan pelatihan peningkatan kapasitas kader PKK dan dasawisma.

Baca Juga:  Inilah Profil Singkat Empat Calon Sekda Agam

“Ketika pemerintah bekerjasama dengan dasawisma, semua data dapat diperoleh dan terdeteksi dengan detail dan lengkap tidak perlu ke lapangan lagi,” ujarnya

Sekda mengakui, dibanding data yang dimiliki Disdukcapil maupun Badan Statistik, data dasawisma jauh lebih lengkap, detail dan update.

Mulai dari data kematian sampai orang hidup. jumlah ibu hamil, anak yang baru lahir sampai orang lansia. Jumlah orang sakit sampai data silsilah keluarganya.

Baca Juga:  Usai Bermain Game 20 Jam Non Stop, Pria Ini Lumpuh

Sehingga, kevalidan data yang dimiliki dasawisma tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, mereka tiap hari berkomunikasi dengan masyarakat yang tergabung ke dalam kelompoknya.

“Maka peran kita (pemerintah) khususnya nagari untuk mensupport setiap program mereka agar tetap semangat,” ungkapnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top