Pariwara Pemkab Agam

Kabupaten Agam Lebih Maju, Sarana Pelayanan Makin Memadai

Kabupaten Agam kembali mencatatkan sejarah dengan merealisasikan berbagai aspirasi masyarakat dalam bidang pembanbangun pisik untuk mengoptimalkan pelayanan untuk masyarakat.

Rabu,(27/1) tercatat sebanyak 31 gedung dan sarana infrastruktur lainnya, yang sudah dibangun sejak tahun 2019-2020 lalu, diresmikan pengoperasiannya secara serentak di kompleks kediaman resmi bupati Agam, Padang Baru, Lubukbasung.

Peresmian operasional gedung baru dan sarana infrastruktur lainnya itu, ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian oleh bupati Agam Dr.Indra Catri didampingi ketua DPRD Agam Dr.Novi Irwan, Kajari Agam, Kapolres Agam, ketua PN Agam, ketua TP.PKK Agam dan para pejabat daerah lainnya.

Prosesi peresmian gedung baru dan sarana infrastruktur lainnya, tahun ini sengaja disatukan, sebagai salah satu upaya penerapan protokol kesehatan, dengan jumlah undangan yang terbatas dan format acara yang diatur sederhana namun penuh makna.

Dalam laporannya, Sekab.Agam M.Dt.Maruhun menjelaskan, dalam lima tahun terakhir, khususnya dalam periode kedua jabatan Bupati Agam Dr.H.Indra Catri, Pemkab.Agam sudah berhasil membangun 83 berbagai infrastruktur, baik gedung, jalan, jembatan, sekolah, puskesmas, kantor camat dan gedung perkantoran di pusat pemerintahan kabupaten Agam di Lubukbasung.

Pembangunan berbagai sarana-prasarana utama itu, menghabiskan anggaran mencapai Rp.225 miliar, yang menjadi bagian dari visi-misi bupati Agam dalam mendorong kemajuan daerah dengan penyediaan berbagai sarana pendukung dalam melayani masyarakat.

Ditambahkan M.Dt.Maruhun, peresmian secara serentak pemakaian 31 gedung dan infrastruktur yang dibangun Pemkab.Agam sepanjang tahun 2019-2020 di kompleks kediaman resmi bupati Agam, Padang Baru, Lubukbasung, Rabu,(27/1) dijelaskan, sejak tahun 2015 Pemkab.Agam fokus membenahi sarana dan prasarana public dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

Dijelaskan, untuk meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Agam, selama 5 tahun terakhir pemerintah daerah telah mengalokasikan Rp225 miliar untuk pembangunan 83 unit gedung dan infrastruktur.

Realisasi pembangunan berbagai jenis sarana untuk masyarakat itu, masing-masing tahun 2015 dibangun sebanyak 13 gedung dan infrastruktur lainnya, dengan total anggaran sebesar Rp21 miliar.

Kemudian tahun 2016 telah dibangun 13 gedung dan infrastruktur lainnya, dengan total alokasi anggaran sebesar Rp21 miliar, tahun 2017 telah dibangun 13 gedung dan infrastruktur lainnya, dengan total alokasi anggaran sebesar Rp32 miliar.

Baca Juga:  Penghargaan Pembina Dana Desa Terbaik I, Indra Catri Bupati Terbaik di Sumbar

Selanjutnya, ulas M.Dt.Maruhun, tahun 2018 dibangun 11 gedung dan infrastruktur lainnya, dengan anggaran sebesar Rp31 miliar, kemudian tahun 2019 dan 2020 pun telah dirampungkan pembangunan 31 gedung dan infrastruktur lainnya, dengan total alokasi anggaran sebesar Rp108,9 miliar.

Ditegaskan, pesatnya pembangunan di Kabupaten Agam merupakan amanat Peraturan Daerah Kabupaten Agam Nomor 6 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Tahun 2016-2021, yang menjadi bagian dari visi pembangunan Kabupaten Agam. HARMEN

DPRD Agam Apresiasi Pemerintah
Sukses Pacu Kemajuan Daerah

Ketua DPRD Agam Dr.Novi Irwan beri apresiasi pada bupati Agam dan jajaran Pemkab.Agam yang dinilai konsisten dan sukses dalam upaya memacu kemajuan pembangunan pisik di kabupaten Agam dalam 5 tahun terakhir.

Kemajuan pembangunan pisik di kabupaten Agam sangat terlihat dalam 5 tahun terakhir, terutama dengan semakin lengkapnya gedung perkantoran, puskesmas, gedung sekolah, sarana jalan, sarana ibadah, saluran irigasi, jembatan dan berbagai sarana pendukung lain yang kini sudah dinikmati masyarakat.

Novi Irwan menyebutkan, hal itu terealisasi seirama dengan komitmen DPRD Agam dalam menjabarkan aspirasi masyarakat, termasuk menyetujui alokasi anggaran untuk pembangunan pisik, yang sasaran akhirnya untuk kepentingan masyarakat luas.

Secara khusus ketua DPRD Agam itu menyebutkan, sosok kabupaten Agam saat ini sudah bisa sejajar bahkan lebih maju dibanding ibukota kabupaten Agam lainnya di Sumbar, karena pemerintah didukung DPRD Agam terus membenah dan melengkapi berbagai infrastruktur pendukung yang akan dimanfaatkan masyarakat, termasuk untuk optimalisasi pelayanan.

“ Kami sangat berterimakasih, pemerintah bisa menjabar berbagai hal dalam bidang pembangunan pisik, sehingga saat ini, masyarakat semakin dimudahkan dengan hadirnya berbagai gedung berkantoran di kecamatan, sarana kesehatan, pendidikan, keagamaan dan sarana jalan yang seluruhnya akan berdampak positif bagi upaya memacu peningkatan kesejahteraan masyarakat, “ sebut Novi Irwan lagi.

Diakuinya, masih sangat banyak program pembangunan yang harus direalisasikan DPRD dan Pemkab.Agam kedepan, karena tuntutan kemajuan era global dan harapan masyarakat terus mengapung, dan hal itu diharapkan akan bisa direalisasikan untuk tahun-tahun mendatang. HARMEN

Baca Juga:  GERNAS BAKU, Inovasi Membangun Potensi

Indra Catri Dorong Pemerataan Pembangunan

Dalam dua periode masa pengabdiannya sebagai Bupati Agam (2010-2015 dan 2016-2021) Dr.H.Indra Catri berupaya maksimal mendorong pemerataan pembangunan di seluruh kecamatan.

Hal itu sengaja dituangkan dalam visi-misi bupati Agam, terutama dalam konteks mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat dengan penyediaan sarana layanan yang memadai dan representative.

Secara bertahap, sesuai kondisi keuangan daerah, dalam 10 tahun terakhir, direalisasikan pembangunan seluruh kantor camat, puskesmas, gedung pendidikan, sarana jalan dan jembatan, sarana irigasi, rumah-rumah ibadah serta berbagai sarana perkantoran khusus di ibukota kabupaten Agam.

Diakui atau tidak, saat ini wajah kabupaten Agam telah berubah kearah kemajuan, karena sarana perkantoran yang dibangun, bahkan sebagian buah karya hasil goresan tangan Indracatri dalam merancang bangunan yang spesifik, kini memperlihatkan perubahan sosok yang mengesankan. Kabupaten Agam sudah bisa berbicara lebih dalam bidang kemajuan pembangunan pisik.

Menurut Bupati Indra Catri, secara bertahap, pihaknya berupaya memacu pembangunan berbagai infrastruktur yang menjadi prioritas untuk mendorong pengembangan potensi yang dimiliki, tidak hanya potensi perkebunan, pertanian, perikanan dan pariwisata, tapi juga mendorong peran aktif masyarakat dalam membangun di wilayahnya.

Bahkan secara spesifik, bupati Indra Catri menyebut, pemerataan pembangunan di seluruh wilayah kecamatan, menjadi salah satu poin penting dalam mendorong kepedulian dan sensitifitas masyarakat untuk berperan lebih memacu kemajuan wilayahnya masing-masing, sesuai program kembali ka nagari.

“ Kita berharap, dengan direalisasikannya pembangunan berbagai sarana gedung perkantoran, objek wisata, saluran irigasi, puksesmas, sarana pendidikan dan sarana ibadah, bisa mendorong peran aktif masyarakat dalam menggali dan mengembangkan potensi yang ada, “ sebutnya.

Disisi lain, Indra Catri berharap, dengan hadirnya berbagai sarana-prasarana itu, masyarakat juga bisa membangun semangat kepedulian untuk selalu menjaga dan ikut memeliharanya, karena apa yang sudah dilakukan pemerintah, sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat. HARMEN

Indra Catri Beri Appllause, AMC Sajikan Video Hasil Pembangunan

Tim Agam Media Center (AMC) mendapat aplaus khusus dari Bupati Agam Dr.Indra Catri bersama unsur Forkopimda Agam usai prosesi peresmian operasional 31 gedung dan sarana infrastruktur yang dibangun Pemkab.Agam sepanjang tahun 2019-2020 di Balairung Rang Agam, Rabu,(27/1).

Baca Juga:  Pemimpin Baru Kabupaten Agam Dilantik, Program Silaturrahmi Disiapkan

Ungkapan salut dan terimakasih disebutkan Indra Catri, usai menyaksikan sekelumit sajian video hasil kegiatan pembangunan pisik yang sudah diresmikan tersebut, berdurasi 18 menit yang ditayangkan menggunakan videotrone di Balairung Rang Agam, saat jamuan makan siang.

“ Bagus, tolong sebarluaskan dan sosialisasikan pada masyarakat, “sebut Indra Catri.

Sementara menurut M.Dt.Maruhun, Sekab.Agam, pihaknya bersama tim AMC dibawah Bagian Protokol-Komunikasi Pimpinan Sekab.Agam, sengaja menyajikan video hasil kegiatan pembangunan pisik yang diresmikan tersebut, untuk disosialisasikan kepada masyarakat, dan diharapkan bisa dimanfaatkan secara optimal.

Prosesi peresmian 31 gedung dan sarana infrastruktur lainnya yang sudah dibangun tahun 2019-2020 itu, walau sederhana, karena harus dilaksanakan dengan protokol kesehatan itu, tetap semarak, karena selain hadirnya videotrone di Balairung Rang Agam itu, juga jejeran ratusan karangan bunga ucapan selama diatur rapi di lokasi acara. HARMEN

Terapkan Protokol Kesehatan, Diskominfo Agam Gelar Video Konferensi

Untuk memaksimalkan sosialisasi kegiatan peresmian operasional 31 gedung dan infrastruktur baru yang dibangun Pemkab.Agam tahun 2019-2020, Rabu,(27/1), jajaran Diskominfo Agam sengaja menyiarkan secara khusus kegiatan acara itu melalui berbagai media sosial.

Bahkan, tim Diskominfo Agam yang dipimpin langsung Kadis Kominfo Fauzan Helmi sengaja menyiapkan perangkat khusus untuk membantu proses penyebarluasan informasi secara langsung itu pada masyarakat, termasuk dengan program video konferensi karena di seluruh kecamatan, juga digelar webinar.

Menurut Fauzan Helmi, video konferensi yang sengaja digelar itu, sebagai tindaklanjut penerapan protokol kesehatan, karena di setiap acara yang digelar, jumlah peserta yang hadir sengaja dibatasi, sehingga pihaknya menyiapkan program siaran langsung dan video konferensi untuk para pimpinan kecamatan yang mengikuti acara itu.

“ Alhamdulillah, kegiatan yang dilaksanakan bisa berjalan dengan baik dan lancar, “ ungkap Fauzan Helmi.

Informasi yang diperoleh kaba12.com, program video konferensi yang digelar itu, sangat membantu masyarakat yang ingin menyaksikan acara peresmian berbagai sarana yang sudah dibangun Pemkab.Agam di berbagai wilayah tersebut.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top