Kaba Pemko Bukittinggi

Kunjungan TMSBK Selama 2020 Turun 60 Persen

Bukittinggi, KABA12.com — Jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) selama 2020 turun 60 persen, dengan jumlah kunjungan sebanyak 367.842 orang.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bukittinggi, Supadria, melalui Kabid TMSBK, Ikbal mengatakan, penurunan kunjungan tersebut terjadi karena pandemi covid-19, serta adanya penutupan sementara objek wisata berbayar di Kota Bukittinggi selama 2020.

Penutupan objek wisata berbayar yang dilakukan Pemko Bukittinggi untuk antisipasi dan mencegah penyebaran virus corona di Bukittinggi. Dimana selama 2020 terjadi beberapa kali penutupan objek wisata wisata berbayar seperti TMSBK dan Taman Panorama Lobang Jepang, yang terjadi pada akhir Maret, April dan akhir Desember.

“Akibat pandemi Covid-19 maka berdampak terhadap penurunan tingkat kunjungan ke TMSBK sekitar 60 persen dibanding sebelum pandemi. Penurunan drastis itu terjadi pada Maret, April, Mei dan September 2020,” ujar Ikbal.

Ia menyebutkan, dari Januari – Desember 2020 jumlah kunjungan ke TMSBK hanya sebanyak 367,842 orang. Dengan rincian, Januari sebanyak 60,546 orang, Februari 33,471 orang, Maret 18, 198 orang, April 0 (tutup), Mei 1, 813 orang, Juni 35,668 orang, Juli 31,600 orang, Agustus 39, 758 orang, September 12, 410 orang, October 29, 645 orang, November 35, 561 orang, dan Desember 69,172 orang.

Meski saat ini masih dalam masa pandemi sebut Ikbal, namun keberadaan TMSBK mempunyai magnet tersendiri bagi pengunjung, baik yang datang dari kabupaten/kota di Provinsi Sumbar maupun dari provinsi lainnya, seperti Jambi, Riau, Sumatera Utara, Bengkulu dan daerah lainnya.

“ Kita patut bangga dan bersyukur karna TMSBK Bukittinggi saat ini tampil beda dengan kehadiran tiga zona didalamnya, yakni zona aviary, zona reptil, dan zona karnivora. Disamping itu pengunjung dapat melihat harimau sumatera dari balik kaca, dengan jarak dekat. Hal ini tentu menjadi daya tarik baru pariwisata Kota Bukittinggi,” sebut Ikbal.

Ia menjelaskan, TMSBK atau yang lebih dikenal dengan nama Kebun Binatang Kota Bukittinggi , merupakan salah satu kebun binatang tertua di Indonesia. Dengan luar sekitar 3,5 Hektar, Pemko Bukittinggi ingin menjadikan kebun binatang ini menuju pengelolaan yang modern. Artinya TMSBK Bukittinggi dapat dijadikan sebagai lokasi konservasi, edukasi dan rekreasi.

Dalam kebun binatang ini juga terdapat berbagai koleksi satwa, dengan jenis hewan seperti hewan karnivora, herbivora, omnivora, hewan reptil, hewan aves, hewan pisces , hewan primata, dan berbagai jenis hewan lainnya. Hewan hewan yang ada tersebut ditempatkan sesuai dengan habitatnya.

“Untuk jenis hewan karnivora yang ada yakni Harimau 8 ekor, Singa 2 ekor, kucing emas 1 ekor, macan dahan 3 ekor, dan buaya 11 ekor. Setiap harinya kita menyediakan puluhan kilo daging untuk makan hewan karnivora ini, baik itu daging sapi maupun daging ayam,” jelas Ikbal.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });