Kaba Terkini

Camat Tanjung Raya Panen Raya Padi di Nagari Koto Gadang VI Koto

Koto Gadang, kaba12.com — Camat Tanjung Raya Handria Asmi mengikuti panen raya padi bersama kelompok tani di Jorong Lambah, Nagari Koto Gadang VI Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Selasa (19/1). Panen raya itu merupakan salah satu perwujudan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

Panen raya yang dilaksanakan Kelompok Tani Batang Kurambik ini turut diikuti Kapolsek Tanjung Raya, Koramil 05/Tanjung Raya, Kepala Puskesmas Pasar Ahad, Penyuluh Pertanian, Walinagari Koto Gadang VI Koto, Mahasiswa, dan lainnya.

Menurut Handria Asmi, sektor pertanian merupakan salah satu tonggak ketahanan pangan di masa sulit saat ini. Dimana hal itu sesuai dengan program Bupati Agam Indra Catri untuk terus menggalakkan ‘Agam Menyemai’ dengan melibatkan seluruh unsur yang ada.

“Selain mengikuti panen raya padi, kita juga membagikan bibit tanaman sayur-sayuran kepada para petani agar mereka bisa menanam tanaman tersebut di pekarangan rumah masing-masing. Sehingga hal itu dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan di masa pandemi Covid-19,” ujar Camat Tanjung Raya kepada kaba12.com.

Ia menyebutkan, panen raya kali ini merupakan panen perdana yang dilaksanakan pada tahun 2021. Dimana hasil produktifitas saat ini lumayan meningkat daripada sebelumnya, karena berkurangnya hama tikus pada lahan pertanian.

“Alhamdulillah, hasil panen saat ini tampaknya ada peningkatan. Tentu hal ini kita beri apresiasi, karena berkat kerja keras dari para petani dan penyuluh pertanian yang telah berupaya meningkatkan hasil produktifitas,” katanya.

Kapolsek Tanjung Raya AKP Yudi Partanto menyebutkan, peningkatan ketahanan pangan pada masa pandemi Covid-19 merupakan salah satu program Kapolri yang telah dicanangkan beberapa bulan lalu. Oleh karena itu, dengan adanya panen raya padi dan pembagian bibit sayur-sayuran secara gratis, diharapkan dapat memotivasi petani dan masyarakat untuk meningkatkan sektor usaha tani, guna menjaga ketersediaan pangan di masa pandemi.

“Jika ketahanan pangan kita terjaga, maka hal ini akan mengurangi terjadinya gangguan Kamtibmas. Kendati begitu, kepada masyarakat kami menghimbau untuk tetap memaksimalkan segala potensi yang ada guna menanggulangi dampak kekurangan pangan,” ujar Kapolsek.

Ketua Kelompok Tani Batang Kurambik, Efrizal Dt Bandaro Rajo mengatakan, panen perdana di tahun 2021 ini diperkirakan menghasilkan setengah ton padi dengan luas sawah setengah hektar. Ia menyebut, total luas sawah yang digarap saat ini seluas 1,5 hektar. Namun yang bisa di panen sekarang hanya setengah hektar saja.

“Satu hektarnya lagi diperkirakan akan panen 15 hari kedepan dengan hasil sekitar 1 ton padi,” ulasnya.

Menurut Efrizal, terjadinya perbedaan masa panen dengan sawah 1 hektar lagi, dikarenakan tidak serentaknya proses tanam yang dilakukan dulu, sehingga hal ini mengakibatkan masa panen yang berbeda.

Disisi lain, ia berharap agar kedepannya proses distribusi pupuk subsidi bisa datang tepat waktu dan mengutamakan kepada petani lokal. Pasalnya, selama ini pihaknya merasa sulit mendapatkan pupuk, karena ada beberapa agen yang ditunjuk tidak mendistribusikan pupuk tersebut sepenuhnya.

“Maka dari itu kita berharap kepada Dinas terkait untuk memperketat pengawasan terhadap pendistribusian pupuk subsidi ini, sehingga nantinya petani bisa lebih mudah mendapatkannya,” ujarnya.

Sementara itu Walinagari Koto Gadang VI Koto, Amrizal menyampaikan apresiasi kepada Kelompok Tani Batang Kurambik yang telah ikut berpartisipasi dalam mewujudkan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19. Ia berharap, agar kelompok tani tersebut dapat meningkatkan hasil produktifitasnya di masa panen yang akan datang.

“Mudah-mudahan masa panen kedepannya bisa menghasilkan padi yang lebih banyak lagi, sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan dan perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19 sekarang ini,” jelas Amrizal.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });