Kaba Terkini

Polda Sumbar & NDC Unand Nilai Nagari Tageh Rumah Gadang

Palupuah, KABA12.com — Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, ditunjuk sebagai Nagari Tageh Rumah Gadang di wilayah hukum Polres Bukittinggi.

Pasia Laweh menggerakkan Nagari Tageh Rumah Gadang ini berbasis kaum, sehinga apapun bentuk aktivitas yang dilakukan harus melibatkan ninik mamak.

Tim penilai dari Polda Sumbar dan NDC Unand melakukan penilaian terhadap Nagari Tageh Rumah Gadang Berbasis Kaum, dihadiri juga oleh Bupati Agam Indra Catri, Rabu (13/1).

Baca Juga:  Mobil Rental Dilarikan Maling

Bupati Agam, Indra Catri mengatakan, melalui Nagari Tageh ini akan ada resonansi keluar untuk memberikan penyadaran, bahwa pembangunan berbasis kaum penting dalam segala hal, salah satunya untuk penanggulangan Covid-19.

“Kenapa berbasis kaum, karena kaum lah yang bertanggungjawab kepada anak kemenakannya, bahkan terbukti ampuh melindungi masyarakat dari laju penyebaran Covid-19 dan juga penyembuhannya,” ujarnya.

Baca Juga:  Pacu Kuda Bukittinggi Wisata Derby Perebutkan Rp 300 juta

Ia berharap ini menjadi model sehingga dapat dimanfaatkan dalam kasus lain, serta bisa diterapkan di nagari lain yang ada di Agam, nagari Pasia Laweh lebih maju dibanding nagari lain di Agam, karena wali nagarinya cepat merespon dalam segala hal.

Baca Juga:  Sosialisasi New Normal di Pasar Tiku Tanjung Mutiara Gelar “Mawar Merekah”

 “Apa yang dikerjakan di Pasia Laweh tidak hanya dinilai, tetapi juga diaktualisasikan dan diresonansikan, serta dikapitalisasikan sehingga bisa jadi prototipe dalam menghadapi pandemi ini,” sebutnya.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top