Kaba Terkini

Polsek Tanjung Raya Sebut Kesadaran Pakai Masker di Pasar Tradisional Meningkat

Maninjau, kaba12.com — Kepolisian sektor (Polsek) Tanjung Raya menyebut kesadaran masyarakat untuk memakai masker di kawasan pasar tradisional kini terus meningkat. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah dari penyebaran virus Corona.

“Alhamdulillah, dari pantauan kita dilapangan kepatuhan masyarakat untuk memakai masker sudah semakin tinggi daripada sebelumnya. Sekitar 95 persen pengunjung dan pedagang pasar sudah menerapakan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker dan face shield saat beraktivitas di luar rumah,” kata Waka Polsek Tanjung Raya Iptu Akhiruddin kepada kaba12.com usai melaksanakan operasi yustisi di Pasar Maninjau, Selasa (3/11).

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini merupakan salah satu langkah efektif untuk mencegah dari paparan Covid-19. Dimana berbagai aturan pencegahan wajib dijalankan oleh masyarakat di masa pandemi sekarang ini, seperti memakai masker dengan benar, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan menjaga imunitas tubuh.

“Memang masih ada beberapa orang yang kita temukan tidak memakai masker dengan benar atau hanya meletakkan di dagu saja. Maka dari itu, ini kita berikan teguran secara persuasif dan humanis kepada mereka agar kedepannya betul-betul melaksanakan protokol kesehatan secara benar,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan kepada masyarakat tentang kehidupan kebiasaan baru. Dimana kebiasaan baru ini artinya seluruh masyarakat harus beradaptasi dengan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19.

“Mudah-mudahan dengan meningkatnya kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, diharapkan tidak ada lagi penambahan kasus positif Covid-19 di wilayah kita ini, Aminn,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Pengurus Pasar Maninjau Edmon Marsha mengatakan, penerapan wajib memakai masker di kawasan pasar telah dilakukan semenjak awal pandemi beberapa bulan yang lalu. Dimana berbagai upaya telah dilakukan untuk mengantisipasi dari penyebaran Covid-19, seperti mewajibkan pengunjung dan pedagang memakai masker, penyemprotan disinfektan, dan menyediakan wastafel cuci tangan.

“Untuk physical distancing atau jaga jarak belum bisa diterapkan di areal pasar ini. Meski demikian, kita sangat berharap tidak ada penyebaran Covid-19 di areal pasar ini, tentunya dengan peran serta masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan yang berlaku,” jelas Edmon Marsha.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top