Kaba Terkini

Manfaatkan Hari Libur, Disdukcapil Agam Lakukan Perekaman e-KTP ke Tanjung Raya

Maninjau, kaba12.com — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam melakukan perekaman e-KTP atau KTP elektronik bagi masyarakat Kecamatan Tanjung Raya. Perekaman e-KTP yang berlangsung selama dua hari, yakni pada Kamis dan Jum’at (29-30/10) ini dipusatkan di Kantor Camat Tanjung Raya dengan menerapkan standar protokol kesehatan.

Kepala Disdukcapil Agam Misran melalui  Sekretaris Nilawati mengatakan, perekaman e-KTP bagi masyarakat Kecamatan Tanjung Raya ini sekaligus menuntaskan perekaman data untuk pelaksanaan Pilkada Serentak pada 9 Desember nanti.

“Sesuai data di KPU Kabupaten Agam, ada sekitar 1.800 warga Kecamatan Tanjung Raya belum melaksanakan perekaman e-KTP. Oleh karena itu, kami sekaligus memanfaatkan hari libur untuk menuntaskan perekaman e-KTP. Untuk di wilayah Kecamatan Tanjung Raya pelaksanaannya dua hari, yakni hari ini (Kamis) dan Jum’at besok,” kata Nilawati kepada kaba12.com.

Menurutnya, penuntasan perekaman e-KTP kali ini merupakan instruksi dari Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil agar Disdukcapil di masing- masing daerah menuntaskan perekaman bagi masyarakat yang belum melaksanakan rekam KTP elektronik. Sehingga dalam Pilkada Serentak mereka dapat memberikan hak suaranya untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, dan Bupati dan Wakil Bupati Agam.

Disebutkan, mayoritas masyarakat yang melaksanakan perekaman e-KTP adalah pemilih pemula yang baru berusia 17 tahun. Dimana hal itu dibuktikan dengan tingginya antusiasme para remaja yang ingin melakukan perekaman e-KTP ini.

Dikatakan Nilawati, tujuan dilaksanakannya perekaman KTP elektronik ini agar masyarakat yang belum memiliki KTP dan terdata sebagai pemilih, dapat memberikan hak pilihnya dalam Pilkada 9 Desember nanti. Sehingga partisipasi masyarakat dalam memberikan hak suara dapat berjalan dengan maksimal.

“Walaupun demikian, kita tetap berharap kepada masyarakat yang belum mempunyai KTP untuk melaksanakan perekeman KTP elektronik secepatnya. Kendati begitu, mereka dapat berkontribusi aktif dalam perhelatan Pilkada Serentak 9 Desember mendatang,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top