Kaba Terkini

Tim Penegak Perda-AKB Agam Tindak 67 Pelanggar di Tiku

Tiku, kaba12.com — Tim gabungan penegak peraturan daerah (Perda) No.6 tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru (AKB) Sumbar, tindak 67 pelanggar ketentuan protokol kesehatan dalam operasi gabungan Senin,(26/10) di Tiku, kecamatan Tanjung Mutiara.

Informasi yang diperoleh kaba12.com, tim gabungan yang menggelar operasi yustisi di sepanjang ruas jalan lintas Sumatera jalur Tiku-Lubukbasung dan mengambil pos di simpang Tugu, Tiku.

Mayoritas para pelanggar ketentuan Perda AKB yang diamankan, terutama karena tidak memakai masker, terutama para pengendara sepeda motor dan penumpang angkutan umum.

Menurut jurubicara tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 (GTP2 Covid-19) Agam Khasman Zaini, sesuai laporan koordinator lapangan tim terpadu Penegak Perda AKB, Mauli hari ke-empat ini operasi berjalan kondusif dan aman tanpa adanya unsur paksaan dari petugas.

Dijelaskan, dalam operasi hari keempat tersebut, terjaring sebanyak 67 orang, yang langsung diberi sangsi sosial berupa membersihkan areal jalan umum dan fasilitas lain, sementara 2 orang warga memilih membayar denda.

Dijelaskan Khasman Zaini, sesuai ketentuan yang digariskan, para pelanggar yang pertama kali terjaring, dikenakan sanksi sosial atau administrasi dan diambil datanya. Jika pelanggar yang sama masih terjaring akan dilanjutkan ke persidangan untuk diproses sanksi kurungan.

“ Kami imbau masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan, karena hal itu kunci keselamatan menghadapi pandemic covid-19. Peran masyarakat, menentukan keselamatan kita semua, “ungkap Khasman Zaini.

Operasi yustisi penegakan Perda-AKB itu, dijadualkan akan terus berlangsung di seluruh wilayah kabupaten Agam, sampai pandemic covid-19 betul-betul pupus dari muka bumi ini.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top