Kaba Terkini

Pemnag Duo Koto Tuntas Salurkan BLT DD Tahap VI

Duo Koto, kaba12.com — Pemerintah Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam menuntaskan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap keenam kepada 100 KK warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Masing-masing warga kembali mendapatkan BLT DD tahap keenam periode bulan September sebesar Rp 300.000 per KK.

Walinagari Duo Koto Joni Safri melalui Kasi Pemerintahan Fadhilah Sari menyebutkan, penyaluran BLT DD gelombang kedua tahap enam ini dimulai pada Rabu (21/10) kemarin. Dimana proses pembagiannya dilakukan di Aula Kantor Walinagari dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Hingga kini penyaluran BLT DD masih berlangsung. Dimana sistem pembagiannya ada yang diantar langsung oleh Wali Jorong ke rumah masing-masing penerima,” kata Fadhilah Sari kepada kaba12.com, Kamis (22/10).

Disebutkan, pada BLT DD gelombang kedua ini, masing-masing penerima mendapatkan uang tunai senilai Rp 300.000 per bulannya, terhitung dari bulan Juli, Agustus, dan September 2020. Kendati demikian, hingga kini mereka telah mendapatkan bantuan tunai dengan total Rp 900.000.

Dikatakan Fadhilah Sari, penerima BLT DD gelombang kedua ini sebelumnya telah dilakukan verifikasi dan validasi data oleh Pemerintahan Nagari dan Bamus. Dimana dalam proses tersebut terjadi perubahan atau pengurangan data penerima BLT DD.

“Sebelumnya ada 105 KK terdata sebagai penerima BLT DD ini. Namun setelah dilakukan verifikasi dan validasi data tersebut ada pengurangan jumlah penerima dengan alasan pindah domisili, menerima bantuan ganda, dan sudah mampu. Jadi saat ini total penerima BLT DD di Nagari Duo Koto berjumlah 100 KK,” ujarnya.

Ditambahkan, realisasi BLT DD kepada warga ini merupakan salah satu penanganan dampak ekonomi (PDE) yang dilakukan pemerintah, dengan sasaran masyarakat miskin yang terdampak pandemi Virus Corona.

“Kita berharap bantuan yang disalurkan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hariannya di masa pandemi. Dengan demikian bantuan ini juga dapat menambah perekonomian mereka di masa pandemi,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top