Kaba Terkini

Camat Tanjung Raya Apresiasi YHLI Galakkan Penghijauan di Salingka Danau Maninjau

Koto Kaciak, kaba12.com — Camat Tanjung Raya Handria Asmi memberi apresiasi khusus kepada Yayasan Hutan Lestari Indonesia (YHLI) yang telah ikut berperan menggalakkan program penghijauan dan penanaman pohon di kawasan Salingka Danau Maninjau.

“Kami dari Forkopimca Tanjung Raya mengucapkan terimakasih dan memberi apresiasi kepada YHLI yang telah mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Agam yakni penghijauan dan Agam menyemai. Oleh karena itu, kami yakin dan percaya apa yang ditanam hari ini, itulah yang akan dituai nanti,” ujarnya kepada kaba12.com usai Launching Penanaman 10.000 pohon di SD N 28 Pasar Raba’a, Nagari Koto Kaciak, Rabu (21/10).

Menurutnya, dengan adanya program seperti ini, artinya mereka telah berperan menyelamatkan alam dengan penghijauan dan penanaman pohon buah di kawasan Salingka Danau Maninjau. Oleh karena itu sangat diyakinkan dalam beberapa tahun kedepan hal ini akan dinikmati oleh masyarakat sekitar.

“Meski demikian, kami juga berharap kepada masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan baik dari penghijauan, Danau Maninjau, dan hutan sekitar tidak hanya dari tanggungjawab segelintir orang saja. Tetapi keterlibatan seluruh aspek yang ada juga dibutuhkan untuk saling menjaga dan bersinergi bersama Pemkab Agam dalam rangka melestarikan Kecamatan Tanjung Raya,” kata Handria Asmi.

Untuk kedepan, ulasnya, Pemerintah Kecamatan dan Nagari akan terus memonitor dan menggiatkan program penghijauan, sehingga project yang telah dicanangkan di Agam dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara itu Ketua Yayasan Hutan Lestari Indonesia (YHLI) Ardedi Tanjung mengatakan, kegiatan penghijauan yang dilakukan saat ini merupakan program tahap ketiga dalam rangka penanaman pohon di kawasan Salingka Danau Maninjau.

Ia menyebutkan, untuk tahap ketiga ini, pihaknya bekerjasama dengan PLN UPK Bukittinggi untuk melakukan penghijauan di Salingka Danau Maninjau dengan menanam 10.000 bibit pohon produktif.

“Alhamdulillah dari program tahap pertama tahun 2016 hingga saat ini, kita sudah menanam 50.000 pohon. Kemudian penghijauan di Salingka Danau Maninjau ini akan berlanjut hingga tahun 2022. Dimana setiap tahunnya minimal kita menanam sebanyak 10.000 pohon produktif,” sebutnya.

Selain itu, YHLI mempunyai dua lokasi penghijauan secara Nasional, yaitu di kawasan Salingka Danau Maninjau dari tahun 2016 – 2022, dan Hulu Sungai Ciliwung, Jakarta tahun 2017 – 2022. “Artinya YHSI ini didirikan untuk memperbaiki lingkungan, salah satunya dari segi Go Green,” ujar putra Nagari Koto Kaciak ini.

Dalam program ini, pihaknya juga berupaya melestarikan hutan dengan menanam pohon di wilayah Kecamatan Tanjung Raya. Karena menurutnya yang menjadi penyumbang air Danau Maninjau adalah pohon yang ada di kawasan hutan Salingka Danau Maninjau.

“Oleh karena itu, hutannya terus kita jaga dan lestarikan dengan cara menanam secara terus menerus,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top