Kaba Terkini

Curah Hujan Tinggi, Camat Tanjung Raya Himbau Warga Waspada

Maninjau, kaba12.com — Tingginya curah hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Agam khususnya Kecamatan Tanjung Raya sejak sepekan terakhir membuat masyarakat harus lebih waspada terhadap potensi bencana.

Menyikapi kondisi tersebut, Camat Tanjung Raya Handria menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dari berbagai bencana yang mengintai disaat memasuki musim penghujan.

“Kepada masyarakat Kecamatan Tanjung Raya khususnya yang tinggal di kawasan rawan atau zona merah diminta untuk berhati-hati dan waspada terhadap potensi bencana. Karena di Tanjung Raya terdapat 3 bencana yang mengintai jika memasuki musim penghujan, yaitu banjir bandang, tanah longsor, dan pohon tumbang,” ujarnya kepada kaba12.com, Kamis (8/10).

Selain dihimbau kepada masyarakat Kecamatan Tanjung Raya, pihaknya juga mengingatkan pengguna jalan untuk berhati-hati jika melewati kawasan Kelok 44. Pasalnya, di kawasan tersebut terdapat beberapa titik jalan yang licin dan baru diperbaiki, sehingga dapat menimbulkan kecelakaan jika tidak berhati-hati dalam berkendara.

Selain itu, kata Handria, geografis Kecamatan Tanjung Raya merupakan wilayah yang dikelilingi perbukitan berbatu dan banyak pohon. Serta ada beberapa Nagari yang menjadi langganan bencana disaat hujan lebat mengguyur. Kendati demikian, pihaknya tetap melakukan patroli dan berkoordinasi dengan pemerintahan Nagari untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Salah satu kesiapsiagaan pemerintahan Nagari adalah harus tau apa penanganan yang dilakukan jika terjadi bencana. Termasuk menyiapkan Kelompok Siaga Bencana (KSB) untuk penanganan darurat menjelang petugas BPBD atau unsur terkait tiba di lokasi,” terangnya.

Ia menyebutkan, jika terjadi hujan lebat berjam-jam, diminta kepada masyarakat yang tinggal di kawasan rawan untuk menyiapkan segala surat atau dokumen penting di dalam satu tas. Sehingga dengan demikian, jika hal itu terjadi dokumen tersebut bisa terselamatkan.

“Walaupun kondisi cuaca seperti ini, mudah-mudahan tidak ada bencana yang terjadi di wilayah kita. Namun kepada masyarakat tetap dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan ” jelasnya Handria Asmi.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top