Kaba Terkini

Garagahan Kawasan Terparah Terdampak Banjir, Longsor Sempat Putuskan Akses Jalan

Lubukbasung, kaba12.com — Wilayah Nagari Garagahan, kecamatan Lubukbasung menjadi kawasan terparah dampak hantaman banjir akibat hujan lebat yang terjadi sepanjang Minggu kemarin. Ratusan rumah, sawah dan lahan perkebunan warga terendam banjir akibat luapan beberapa sungai yang mengalir di wilayah itu.

Bahkan akibat hujan lebat yang itensitas yang cukup tinggi sepanjang sore kemarin, menyebabkan beberapa ruas jalan longsor sehingga menyebabkan akses jalan sempat terputus yang kini sudah ditangani oleh tim penanggulangan bencana, termasuk penyemprotan tumpukan material longsor yang memenuhi ruas jalan kabupaten di Simaruok, Nagari Garagahan menggunakan armada Damkar Agam.

Baca Juga:  Dukung Gebrakan 3 Juta Masker, Baznas Agam Bantu Paket Sembako

Informasi yang diperoleh kaba12.com, banjir dan longsor terjadi di jorong II dan III Nagari Garagahan, Minggu kemarin memicu kerusakan yang cukup parah, tidak hanya merusak lahan persawahan penduduk, kebun jagung, tapi juga merendam pemukiman penduduk, bahkan 1 mushalla nyaris roboh akibat terjangan banjir besar.

Informasi yang diperoleh kaba12.com dari Anizur, tokoh masyarakat Garagahan, dampak hujan lebat di Garagahan memicu luapan air irigasi Batang Sangkia, yang merendam areal persawahan dan kebun warga, bahkan mushlla Nurul Ikhlas di Kampuang Parik,Jorong III Garagahan mengalami kerusakan serius bahkan nyaris roboh dikikis terjangan air.

Baca Juga:  BKSDA Agam Lepasliarkan 3 Satwa Langka di Hutan Cagar Alam Maninjau

Dampak hujan lebat disebutkan juga menyebabkan longsor di jalan Taratak, jorong III Garagahan, “ saat ini 8 titik longsor sudah bisa diakses kembali, setelah dilakukan pembersihan menggunakan alat berat, “sebutnya.

Sementara, informasi yang diperoleh kaba12.com dari Geri, personil Damkar Agam, dampak banjir Minggu kemarin cukup besar, bahkan banyak pemukiman warga yang terendam banjir, “ kami diterjunkan untuk membantu mengevakuasi warga yang terdampak, “sebutnya.

Baca Juga:  Rumah Pintar Tunas Muda Duo Koto Buka Layanan Pustaka Keliling

Musibah banjir yang mendera wilayah kecamatan Lubukbasung Minggu kemarin, disebutkan banyak warga cukup luar biasa, dipicu hujan lebat yang terjadi sekitar dua jam dengan volume yang cukup tinggi, sehingga mayoritas titik di pusat pemerintahan kabupaten Agam itu digenangi banjir termasuk di wilayah Garagahan.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top