Kaba Terkini

Hujan Lebat, Lubukbasung Banjir Parah

Lubukbasung, kaba12.com — Hujan lebat yang mengguyur wilayah Lubukbasung Minggu,(30/8) sore memicu banjir parah di berbagai kawasan. Diduga, akibat hujan lebat dengan intensitas tinggi dengan durasi yang cukup panjang memicu luapan aliran anak sungai di berbagai titik.

Informasi yang dihimpun kaba12.com Minggu malam, luapan banjir cukup parah terjadi di sepanjang ruas jalan propinsi mulai dari hilir Pasar Lama, Cubadak, Lansano, Simpang Lapau Talang, Simpang III, Simpang Tembok, depan SPBU Monggong sampai ke kawasan Balai Salasa, dengan ketinggian air hampir setengah meter dari permukaan jalan, sehingga ruas jalan propinsi itu tidak bisa dilewati kendaraan.

Baca Juga:  Hari Alzheimer Sedunia Upaya Peningkatan Kesadaran Akan Penyakit

Kondisi serupa juga terjadi di kompleks perkantoran pemerintah di Padang Baru, Lubukbasung, mulai dari Simpang IV Tangah, depan GOR Rang Agam, depan Makopolres Agam, simpang IV traffic light, simpang depan kantor bupati Agam, sampai ke Simpang Surau Kariang.

Luapan banjir juga merendam kawasan depan kantor bank nagari Lubukbasung, depan pasar serikat Padang Baru sampai ke simpang Talago, “ banjirnya parah, kendaraan tidak bisa melewati jalan, “ ungkap Suarman, warga simpang III kepada kaba12.com.

Baca Juga:  Hujan Lebat, Mayoritas Kota Lubukbasung Direndam Banjir

Informasi yang diperoleh kaba12.com dari Syamsurizal, warga Simpang Tembok menyebut, luapan banjir tidak hanya memenuhi ruas jalan di depan rumahnya, tapi juga merendam rumahnya. Termasuk di depan SPBU Monggong, banjir meruntuhkan kedai milik warga yang berada diatas aliran sungai tepi jalan, termasuk kompleks SMAM Lubukbasung, yang dipenuhi banjir sejak sore.

Baca Juga:  Hujan Lebat, Banjir Genangi Lubukbasung

“ Kawasan Monggong menjadi titik terparah luapan banjir, selain merendam jalan juga menyebabkan kompleks SMA Muhammadiyah dipenuhi banjir dan lumpur, termasuk beberapa rumah penduduk, “ungkap Syamsurizal.

Luapan banjir hingga menjelang malam masih menggenangi beberapa titik sentral di Lubukbasung, sementara di beberapa titik luapan air sudah mulai surut, sehingga warga mulai membersihkan dampak banjir yang merendam pemukiman mereka.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top