Kaba Terkini

Idul Qurban 1441 Hijriah di Agam “ Sapi Turun-Kambing Naik “

Lubukbasung, kaba12.com — Prosesi penyembelihan hewan qurban di wilayah kabupaten Agam yang sudah dimulai sejak Jumat kemarin, dan puncaknya Sabtu,(1/8) berlangsung semarak. Walau dimasa pandemic covid-19, namun semangat masyarakat untuk berqurban terlihat sangat tinggi.

Hal itu dibuktikan, hampir di setiap masjid dan mushlla, sepanjang Sabtu ini, kegiatan masyarakat terkonsentrasi menyelesaikan prosesi pemotongan hewan qurban, bahkan Sabtu sore ini, masyarakat terlihat berkerumun untuk mendapatkan pembagian daging qurban.

Pantauan kaba12.com bersama Kepala Dinas Pertanian Agam Ir.Arief Restu, Msc, yang khusus memantau kegiatan penyembelihan hewan qurban di beberapa titik di Lubukbasung Sabtu,(1/8), terlihat antusias masyarakat sangat tinggi mendatangi berbagai masjid dan mushalla lokasi pemotongan hewan qurban.

Baca Juga:  Camat Baso Buka Khatam Quran ke-20 Nagari Salo, 18 Peserta Dari Rantau

Di berbagai lokasi pemotongan hewan qurban, tim Kadinas Pertanian Agam itu, bahkan ikut mengingatkan masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak untuk mengantisipasi peredaran virus corona.

Arief Restu bahkan mengingat petugas pemotongan hewan qurban dan petugas lainnya untuk mensterilkan perangkat yang digunakan untuk pemotongan daging termasuk para petugas ikut membersihkan tangan dengan sabun.

Baca Juga:  Rumah Kayu Di Matua Mudiak Terbakar, Kerugian Rp 300 Juta

Menjawab kaba12.com, Kadinas.Pertanian Agam Ir.Arief Restu menyebutkan, walau dalam masa darurat pandemic covid-19 saat ini, animo masyarakat untuk berqurban sangat tinggi, dibuktikan sesuai data awal yang diperoleh pihaknya, justru prediksi awal akan terjadi penurunan yang cukup besar dalam jumlah hewan qurban tahun ini justru tidak terbukti.

“Kita memprediksi sebelumnya, akan terjadi penurunan sampai 18 persen dari tahun lalu, namun alhamdulillah, penurunan terjadi hanya di kisaran 5 persen, ini bukti semangat berqurban masyarakat masih sangat tinggi, “ jelasnya.

Dijelaskan Arief Restu, dalam moment hari raya Idul Adha 1441 Hijriah ini, jumlah sapi dan kerbau qurban mencapai 5.165 ekor, menurun 5,07 persen dibanding tahun 2019 lalu yang mencapai 5.441 ekor. Namun, kambing qurban justru naik 4,6 persen dengan jumlah 182 ekor, dibanding tahun lalu yang mencapai 174 ekor.

Baca Juga:  Prabowo-Sandi Menang Telak di Kabupaten Agam

Sementara, hingga Sabtu sore ini, di berbagai lokasi masih terlihat kesibukan yang luar biasa dari masyarakat, khususnya panitia qurban yang membagikan dan mengantarkan daging qurban untuk masyarakat di sekitar lokasi pemotongan hewan qurban.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top