alterntif text

Kaba Pemko Bukittinggi

Bukittinggi Melihat Hilal

Bukittinggi, KABA12.com — Untuk menentukan awal Dzulhijjah 1441 H/2020 M, Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi melaksanakan Rukyatul Hilal, Selasa (21/07) lalu di Rooftop Grand Rocky Hotel Bukittinggi.

Kegiatan Rukyatul Hilal yang dilakukan oleh Tim Badan Hisab Rukyat Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi bersama Pengadilan Agama Kota Bukittinggi tersebut turut dihadiri Ketua Pengadilan Agama Kota Bukittinggi Orba Susilawati, Ka. Kankemenag Kota Bukittinggi H. Kasmir, Dosen Ilmu Falak IAIN Bukittinggi H. Zul Efendi (Ahli Hisab), Kasubbag Tata Usaha, Kasi, Kepala KUA dan JFU.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Kasmir, didampingi Kasi Bimas Islam H. Zulfakhri dan Penyelenggara Zakat dan Wakaf Hj. Misra Elfi, mengatakan bahwa Rukyatul Hilal awal Dzulhijjah 1441 H merupakan tugas yang harus dilaksanakan mulai dari tingkat Kanwil Kementerian Agama se Indonesia sampai Kementerian Agama kabupaten/kota, karena berkaitan dengan penentuan Hari Raya Idul Adha 1441 H.

“Terlihat ataupun tidak, rukyat tetap dilaksanakan, sebagai bahan masukan kepada Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama RI untuk melakukan sidang isbat,” ujar Ka. Kankemenag Kota Bukittinggi.

Selanjutnya Ka.Kankemenag Kota Bukittinggi mengatakan adanya perbedaan penggunaan metode dalam menentukan awal dan akhir bulan hijriyah hendaknya dapat dikombinasi secara harmonis agar terjadi penyatuan dalam penentuan kalender Islam.

“Setiap perbedaan yang terjadi hendaknya kita disikapi dengan bijak untuk membangun dan memperkuat ukhuwah persatuan dan kesatuan. Jangan tonjolkan sisi perbedaannya, tapi tonjolkan manfaat dari perbedaan itu sebagai modal untuk membangun sinergi berbangsa dan bernegara,” katanya.

Dengan adanya Rukyatul Hilal tersebut diharapkan umat dapat lebih tenang beribadah menyambut hari raya Idul Adha 1441 H.

Sementara itu Tim Badan Hisab Rukyat Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi Zamratul Ikhwan menyampaikan ijtima’ awal bulan Zulhijjah 1441 H terjadi pada hari Selasa, 21 Juli 2020 pukul 00:35:47,57 WIB, mengenai posisi hilal mengatakan ada 3 hal penentuan awal bulan hijriyah. “Kapan terjadinya ijtima yaitu kesegarisan antara Matahari, Bulan dan Bumi, ketinggian hilal saat Matahari terbenam serta usia bulan di hari penentuan rukyat,” terangnya.

Selanjutnya Zamratul Ikhwan menambahkan untuk posisi hilal lokasi Rooftop Grand Rocky Hotel Bukittinggi saat terbenamnya matahari pada pukul 18:32:50,09 WIB dengan ketinggian hilal hakiki 8 derajat 35 menit 11,9 detik dan lama hilal di atas ufuk 0 jam 32 menit 3,98 detik, dan Elongasinya (sudut antara Matahari dan Bulan) 3 derajat 01 menit 13 detik (sebelah Utara Matahari).

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top