Kaba Terkini

152 KK Warga Nagari Bayur Terima BLT DD

Bayur, kaba12.com — Sebanyak 152 Kepala Keluarga (KK) warga Nagari Bayur, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam telah menerima bantuan langsung tunai (BLT) tahap pertama yang bersumber dari dana desa (DD). Bantuan ini diperuntukkan bagi masyarakat miskin yang ekonominya terdampak akibat pandemi virus Corona.

Walinagari Bayur Hadi Fajrin menjelaskan, bahwa penyaluran BLT DD ini berdasarkan dari Permendes No 6 tahun 2020 tentang penggunaan dana desa ditengah situasi pandemi Covid-19. Oleh sebab itu pemerintah memberikan bantuan langsung tunai dari dana desa untuk meringankan beban masyarakat miskin yang terkena dampak Covid-19.

“Alhamdulillah pemerintah Nagari Bayur telah menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) tahap pertama untuk 152 KK.

Masing-masing KK mendapatkan uang tunai senilai Rp 600.000 per bulan selama tiga bulan yaitu April, Mei, dan Juni,” kata Walinagari Bayur Hadi Fajrin kepada kaba12.com, Jumat (22/5).

Disebutkan Hadi, kriteria penerima BLT DD ini adalah masyarakat yang tidak menerima bantuan sosial dari Pemerintah maupun Kemensos, BPNT, PKH, dan pemilik kartu pra-kerja. Selain itu, penyaluran bantuan ini difokuskan kepada masyarakat miskin yang kehilangan pencaharian akibat pandemi Covid-19, serta mempunyai keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis.

Dijelaskannya, penerima BLT DD ini merupakan hasil dari musdes yang dilakukan Pemerintah Nagari bersama Bamus, KAN, Walijorong, Tokoh Masyarakat, dan Unsur terkait beberapa waktu lalu agar penyaluran bantuan ini sesuai target dan tepat sasaran.

“Dengan melibatkan perangkat nagari didampingi wali jorong masing-masing, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, kita langsung antarkan bantuan tersebut ke rumah masing-masing penerima, sekaligus dilakukan penempelan stiker sebagai penerima BLT DD,” ujarnya.

Penerima BLT DD di Nagari Bayur ini dengan rinciannya adalah Jorong Jalan Batuang 9 KK, Jorong Kapalo Koto 15 KK, Jorong Pincuran Tujuah 15 KK, Jorong Banda Tangah 14 KK, Jorong Lubuak Kandang 19 KK, Jorong Lubuak Anyia 16 KK, Jorong Sawah Rang Salayan 14 KK, Jorong Kampuang Jambu 16 KK, Jorong Sungai Rangeh 24 KK, dan Jorong Panji 10 KK, dengan demikian total penerimanya sebanyak 152 KK.

Dia berharap, dengan disalurkannya bantuan ini dapat membantu perekonomian masyarakat yang terdampak virus Corona dan memenuhi kebutuhan harian.

Selain itu, bagi yang belum mendapatkan bantuan diminta untuk bersabar terlebih dahulu, pasalnya pihaknya tengah berupaya mendata dan memverifikasi masyarakat yang belum terdata agar bantuan lain bisa disalurkan dengan cepat.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top