Kaba Terkini

#Agam Siaga Covid19, Indra Catri Pimpin Goro Massal “ Siaga Harus, Mesjid Jangan Ditinggalkan “

Bupati Agam Dr.H.Indra Catri pimpin langsung pembersihan seluruh sarana ibadah di kabupaten Agam Senin,(23/3) ditandai dengan pembersihan berbagai kelengkapan pendukung di Masjid Agung Nurul Fallah, Padang Baru, Lubukbasung.

Pembersihan sarana ibadah sebagai wujud kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona di kabupaten Agam digelar serentak di seluruh wilayah kabupaten Agam Senin kemarin, sesuai instruksi bupati Agam dalam tagar #siaga harus, masjid jangan ditinggalkan. Dimana seluruh nagari dan kecamatan menggelar goro bersama, membersihkan halaman masjid, pembersihan lantai masjid, mencuci karpet masjid, dan mengamankannya di gudang, pembersihan tempat wudhu dan penyemprotan distinfektan.

Khususnya pembersihan di masjid Agung Nurul Fallah, Padang Baru, Lubukbasung yang berada persis di samping kantor bupati Agam, bupati Indracatri didampingi Sekab.Agam M.Dt.Maruhun selaku ketua gugus tugas penanganan penyebaran covid19 kabupaten Agam, Asisten I Sekab Agam Rahman, Kalak.BPBD, Kadinkes Agam, Kabag.Protokol-Komunikasi Pimpinan Sekab.Agam Khasman Zaini.

Disela pemantauan kegiatan goro di masjid Agung Nurul Fallah tersebut, bupati Agam Indra Catri menegaskan, kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona tersebut harus secara maksimal ditingkat masyarakat kabupaten Agam, termasuk dengan membersihkan sarana dan peralatan di seluruh masjid , mushalla dan surau yang ada di kabupaten Agam.

“ Siaga harus, tapi masjid jangan ditinggalkan, kita bersama-sama berikhtiar membangun kewaspadaan bersama mengantisipasi penyebaran covid19, namun ibadah harus tetap berjalan, masyarakat dihimbau membawa sajadah sendiri, di masjid dipasang hand sanitizer dan penyemprotan disinfektan dilakukan secara rutin, “ tegas Indra Catri.-(*)

#Agam Siaga Covid19, Urai Penumpukan RSUD Tambah Tenda

Bupati Agam Dr.H.Indra Catri minta pimpinan RSUD Lubukbasung menambah tenda khusus di areal parkir rumah sakit itu, untuk mengurai penumpuk pengunjung yang ingin mendapatkan layanan kesehatan yang tinggi setiap hari.

Hal itu untuk mengantisipasi, penumpukan pengunjung di ruang tunggu yang sudah ada untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus corona ditengah masyarakat.

Bupati Agam Dr.H.Indra Catri, saat meninjau RSUD Lubukbasung Senin,(23/3) didampingi Sekab.Agam M.Dt.Maruhun, selaku ketua gugus tugas penanganan penyebaran covid19 kabupaten Agam, Asisten I Sekab Agam Rahman, Kadinkes Agam Indra, direktur RSUD Lubukbasung Syafrizal, Kalak BPBD Agam M.Lutfie dan Kabag.Protokol-Komunikasi Pimpinan Sekab Agam Khasman Zaini.

Dihadapan para pengunjung dan pasein yang akan mendapatkan layanan perawatan medis (rawat jalan), Bupati Agam Dr.H.Indra Catri, mensosialisasikan tentang arti penting peran masyarakat dalam mengantisipasi penyebaran virus corona saat ini, terutama dengan pola jaga jarak, rutin mencuci tangan, dan social distancing.

Baca Juga:  Agam Siaga Covid19, BRI Bantu 12 Unit Wasfatel Portable

“ Kita minta pimpinan RSUD Lubukbasung untuk memasang tenda untuk sementara, agar para pengunjung dan warga yang ingin mendapatkan layanan kesehatan bisa diatur jarak duduknya, itu langkah antisipasi penyebaran virus corona, “ tegas Indra Catri.

Bupati Agam juga berharap masyarakat mentaati dan menghormati berbagai himbauan dan instruksi pemerintah terkait dengan langkah antisipasi penyebaran covid19 di kabupaten Agam, termasuk instruksi peniadaan jam bezuk pasien di RSUD Lubukbasung, “ kami berharap masyarakat mentaati hal itu, demi keselamatan kita bersama, “ sebut Indra Catri lagi.

Indra Catri juga meminta pengertian masyarakat, untuk tidak “baper” jika ingin bersama dengan bupati atau orang lain, karena saat ini, pola bersalaman harus disesuaikan dengan “salam pasambahan” sebagai salah satu bentuk antisipasi penyebaran virus corona.

” Jangan ada asumsi lain-lain, kita harus lakukan langkah sosial untuk antisipasi ,” sebut Indra Catri lagi.-(*)

#Agam Siaga Covid19, Agam Anggarkan Rp.10 Miliar

Pemkab.Agam anggarkan dana Rp.10 miliar untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di kabupaten Agam. Alokasi anggaran tersebut diproyeksikan untuk penanganan langkah-langka darurat, penyediaan sarana pendukung operasional penanganan, penyediaan peralatan medis serta operasional lainnya.

Hal itu ditegaskan Bupati Agam Dr.H.Indra Catri menjawab kaba12.com menjawab kesiapan kabupaten Agam dalam menyikapi kondisi pendemi covid19 yang semakin menguatirkan di daerah lain.

Dijelaskan Indra Catri, kesiapan kabupaten Agam mengantisipasi penyebaran virus corona itu, maksimal dilakukan, tidak hanya sosialisasi, himbauan, gerakan pembersihan sarana ibadah, perkantoran dan sarana lain, tapi juga pembangunan tiga posko komando, baik pos komando di Dinkes Agam, RSUD Lubukbasung dan BPBD Agam.

Selain itu, secara rutin akan digelar gerakan pembersihan, penyemprotan disinfektan dan penyediaan hand sanitizer serta berbagai perangkat alat pelindung diri untuk tenaga medis, petugas operasional lapangan dan tim pelaksana lapangan lainnya.

Baca Juga:  #Agam Siaga Covid19, Gerak Cepat Warga Diapresiasi Bupati Indra Catri Ungkap Terimakasih

“ Kita berupaya maksimal mengantisipasi dampak penyebaran virus corona itu ditengah masyarakat, berbagai upaya kita lakukan, termasuk dengan penyediaan berbagai peralatan pendukung yang saat ini masih sulit didapat, kita tengah mengupayakan sarana pendukungnya, “ tegas Bupati Agam itu lagi.

Selain itu, bupati Agam Dr.H.Indra Catri menghimbau masyarakat untuk memahami langkah pemerintah dengan social distancing, hal itu menjadi langkah paling efektif untuk menghambat penyebaran virus corona, mengatur jarak, menghindari kerumunan orang banyak, “ mohon pengertian masyarakat, jangan ada diasumsikan lain-lain, “ harap Indra Catri lagi.-(*)

#Agam Siaga Covid19, Aksi Semprot Disinfektan di Berbagai Lokasi

Dinas Pertanian Kabupaten Agam siapkan personil khusus untuk melakukan penyemprotan disinfetan di berbagai sarana yang ada di kabupaten Agam. Dalam rangkaian goro massal serentak di seluruh wilayah kabupaten Agam Senin,(23/3), tim khusus Distan Agam, menyemprotkan disinfektan di beberapa sarana utama yang banyak dimanfaatkan masyarakat.

Beberapa sarana yang disemprotkan disinfektan terutama Bank Nagari Lubukbasung, seluruh ATM Bank Nagari, Mesjid Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Lubukbasung, objek wisata Linggai, dan Ambun Tanai, serta beberapa target lain yang dijadualkan dalam sepekan ini akan dikerjakan.

Menurut Kadinas Pertanian Agam Arief Restu, penyemprotan disinfektan di berbagai fasilitas umum tersebut, merupakan rangkaian tugas khusus yang diemban Distan Agam dalam langkah penanganan penyebaran covid19 di wilayah kabupaten Agam.

Distan Agam sebut Arief Restu membagi beberapa tim untuk proses penyemprotan tersebut, menggiring program penanganan penyebaran virus corona dibawah kendali gugus tugas penanganan penyebaran covid19 di kabupaten Agam,” kita siapkan perangkat pendukung untuk membantu masyarakat dalam penanganan penyebaran virus corona di lapangan, khususnya di kabupaten Agam, “ sebut Arief Restu lagi.-(*)

Baca Juga:  #Agam Siaga Covid19, Pemerintah Jamin Ketersediaan Pangan

#Agam Siaga Covid19, Pemerintah Jamin Ketersediaan Pangan

Bupati Agam Dr.H.Indra Catri tegaskan, masyarakat diminta jangan panic dalam menyikapi kondisi yang terjadi saat ini, menyusul merebaknya pandemic covid19, tidak perlu menumpuk bahan pangan, sembako dan lainnya, karena pemerintah jamin ketersediaan pangan untuk masyarakat di kabupaten Agam.

Hal itu ditegaskan bupati Agam menjawab kaba12,com, terkait kesiapan pemerintah mengamankan berbagai lini yang ditengarai mengundang keresahan masyarakat, terutama ketersediaan bahan pangan terutama sembako dan berbagai kebutuhan pokok lainnya.

Disebutkan, pemerintah secara nasional, khususnya di kabupaten Agam, sudah menyiapkan berbagai langkah strategis dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di kabupaten Agam, melalui tim gugus tugas penanganan penyebaran covid19 kabupaten Agam.

Aspek yang dikaji, ulas Indra Catri, pemerintah tidak hanya melakukan kajian dan antisipasi upaya antisipasi penyebaran virus corona itu saja, tapi juga kajian aspek lain, termasuk aspek ekonomi dan keselamatan masyarakat, termasuk ketersediaan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“ Kami berharap masyarakat jangan panic, beri dukungan pada pemerintah dengan mentaati berbagai himbauan dan instruksi yang sudah disampaikan. Langkah social distancing yang diterapkan saat ini, efektif untuk mengantisipasi penyebaran virus corona tersebut, soal kegiatan pendidikan, pelayanan pemerintah, sudah dilakukan berbagai langkah untuk memudahkan masyarakat, “ sebutnya.

Ditambahkan Indra Catri, masyarakat juga diminta untuk berhemat, jangan keluar rumah jika tidak perlu betul, apalagi menyambut bulan suci Ramadhan, masyarakat harus mempersiapkan diri secara maksimal, sesuai kondisi yang ada.

“ Jaga selalu kondisi tubuh agar tetap bugar, selalu mencuci tangan dengan sabun, kurangi aktifitas keluar rumah, terapkan pola social distancing, kita bersama-bersama berperan mengantisipasi penyebaran virus corona itu,”harap Indra Catri lagi.-(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top