Pariwisata

Kuburan Panjang, Wisata Religi di Palupuah

Palupuah, Kaba12.com — Kecamatan Palupuah memang mempunyai beragam potensi wisata alam yang memukau. Tapi tahukah Anda di Kecamatan Palupuah terdapat sebuah kuburan panjang yang cocok  menjadi tujuan wisata religi bagi Anda.

Dinamakan kuburan panjang karena  ukurannya yang tidak biasa dengan kuburan pada umumnya, yakni memiliki panjang ±40 meter, lebar 1,5 meter dan berusia lebih 200 tahun. Serta menjadi salah satu kuburan terpanjang di Sumatera Barat.

Baca Juga:  Wonderful Indonesia Goda Pasaran Dubai dan Abu Dhabi

Tak hanya itu, kuburan ini memiliki keunikan saat diukur, pasalnya setiap ada orang yang berziarah dan melakukan pengukuran kuburan itu pasti akan memperoleh hasil ukuran yang berbeda. Tetapi rata-rata ukurannya adalah ±40 meter.

Pada kuburan itu dikelilingi pagar berupa tanaman bunga-bungaan dan pada nisannya berupa batu besar setinggi 1 meter.

Menurut cerita masyarakat setempat, kuburan ini merupakan tempat peristirahatan terakhir Dt. Tan Barido seorang ulama yang aktif menyebarkan agama Islam di Minangkabau. Pada hari tertentu, makam ini sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Baca Juga:  Kopi Data. Potensi Menjanjikan di Palembayan

Secara umum, Kuburan Panjang ini terletak di perbukitan tepatnya di Jorong Aua Kuniang, Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam dan berjarak sekitar 5 kilometer dari jalan lintas Bukittinggi-Medan.

Untuk mengunjunginya, Anda harus memasuki simpang Paninggiran Ateh yang terletak di jalan lintas Bukittinggi-Medan. Kemudian turuti jalan itu dan jangan lupa untuk bertanya kepada warga sekitar tentang lokasi kuburan panjang itu berada.

Baca Juga:  Pokdarwis Raflesia Gelar Goro di Objek Wisata

Sangat disarankan bagi Anda yang ingin mengunjunginya memakai kendaraan dua, pasalnya akses menuju lokasi itu Anda akan melewati tanjakan dan turunan curam, serta jalan yang sempit membuat Anda harus berhati-hati selama diperjalanan.

Setibanya diatas Anda juga disuguhkan dengan pemandangan perbukitan khas Palupuah yang berbatasan dengan Kecamatan Palembayan dan Kabupaten Pasaman.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top