Pariwisata

Air Terjun Sungai Sariak, Surga Tersembunyi di Baso

Baso, kaba12.com — Kabupaten Agam mempunyai banyak potensi wisata alamnya yang sangat indah. Salah satunya adalah Air Terjun yang terletak di Jorong Sungai Sariak, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam.

Air terjun ini memiliki ketinggian ±15 meter, saat cuaca panas dinding bebatuan itu akan mengeluarkan kilauan cahaya yang sangat indah.

Tak hanya itu, suara air yang jatuh akan membuat pengunjungnya terpesona dengan keindahan surga alam yang tersembunyi di Kecamatan Baso.

Jika anda mengunjungi objek wisata ini, sebaiknya Anda mempersiapkan fisik dan mental kuat. Pasalnya Anda menulusuri jalan yang cukup ekstrim untuk mencapai air terjun itu. Dan jangan lupa untuk mempersiapkan bekal makanan/minuman dari rumah, karena disitu Anda tidak akan menemukan orang yang berjualan.

Baca Juga:  TROI 2017 Kurang Gezah, Bupati Evaluasi Khusus

Untuk mengunjungi Air Terjun ini, Anda harus menuju simpang Jorong Sungai Sariak yang terletak di jalan raya Bukittinggi- Payakumbuh. Berjarak sekitar ±3 KM dari jalan raya itu, Anda akan memasuki ke perkampungan warga Nagari Koto Tinggi. Kemudian Anda akan menyusuri ke lokasi air terjun, dan jangan lupa untuk bertanya kepada masyarakat setempat dimana lokasi air terjun berada. Serta juga dapat menemukan air terjun ini melalui Google Maps lewat  Smartphone Anda.

Baca Juga:  Habiskan Weekend di Objek wisata Ikan Larangan Batang Tiku

Setibanya di lokasi, Anda akan berjalan sekitar 15 menit untuk menuju Air Terjun itu. Selama diperjalanan Anda akan disuguhi pemandangan persawahan dan bukit-bukit yang dipenuhi pepohonan yang rindang, serta riuhnya air sungai akan menemani perjalanan Anda.

Setelah melewati persawahan, Anda akan memasuki hutan lebat dengan medan yang cukup berat, karena air terjun ini berada di tengah hutan.

Dengan menempuh perjalanan yang cukup lama dan melelahkan, hal itu akan dibayar lunas oleh keindahan Air Terjun Sungai Sariak yang sangat memanjakan mata. Sehingga rasa penat selama diperjalanan itu hilang. Kemudian Anda bisa beristirahat sambil menikmati sejuknya alam Nagari Koto Tinggi.

Baca Juga:  Indahnya Sajuta Janjang, Objek Wisata Terbaru di Agam

Meskipun belum memiliki fasilitas wisata, para pengunjung tidak akan kecewa datang jauh-jauh ke objek wisata ini. Pasalnya, air terjun ini masih alami sehingga bisa menjadi tempat terbaik untuk sekedar berelaksasi.

Kendati demikian, fasilitas yang belum memadai itu disarankan kepada pengunjung untuk mempersiapkan bekal dan perlengkapan, sehingga aktivitas berwisata bisa dilakukan dengan nyaman.

Dan jangan lupa, abadikan momen Anda bersama keluarga ataupun kerabat untuk menjadi kenangan nantinya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top