Pariwara Pemkab Agam

Agam “Baralek Gadang”, BBDW-BBGTM 2020 Semarak

Pariwara, KABA12.com — Kabupaten Agam betul-betul “baralek gadang” menyambut semarak pencanangan bulan bhakti dasawisma dan bulan bhakti gotongroyong masyarakat (BBDW-BBGTM) 2020 yang dipusatkan di lapangan GOR Rang Agam, Padang Baru, Lubukbasung, Senin,(2/3).

Pencanangan yang dihadiri ribuan anggota dasawisma dari seluruh nagari di kabupaten Agam, termasuk undangan khusus dari kabupaten-kota di Sumatera Barat, sehingga kompleks GOR Rang Agam, di Padang Baru, Lubukbasung, penuh sesak.

Event tahunan TP.PKK Sumbar yang tahun 2020 ini, TP.PKK Agam diminta menjadi tuan rumah, yang sukses mempersiapkan berbagai perangkat pendukung, baik lokasi upacara, sarana, serta dukungan masyarakat, termasuk prosesi makan bajamba di GOR Indoor Padang Lubukbasung.

Bahkan, cuaca panas yang mendera wilayah Lubukbasung, tak menyurutkan minat masyarakat untuk menyeramakkan event tersebut, termasuk tim rebana dasawisma Lubukbasung, tim kesenian D’Palano Art, termasuk BMM Band yang menghibur ribuan pengunjung.

Yang spesifik, sajian pendukung makan siang bajamba di Indoor GOR Rang Agam, Lubukbasung yang dipenuhi 500 jamba untuk para tamu, dengan selingan denting piano diiringi M.Fadil, dari D’Palano Art, mengiringi makan siang bersama undangan dan anggota dasawisma se kabupaten Agam.

“ Alhamdulillah, seluruh rangkaian acara bisa berjalan aman, tertib dan lancar, “ sebut Teddy Martha, Kepala DPMN Agam, saat mendampingi Sekab.Agam M.Dt.Maruhun, Asisten I Sekab. Agam Rahman, dan Asisten II Sekab Agam Yosefriawan disela acara penutupan. HARMEN

Wagub Canangkan BBDW-BBGRM ke-XVII Sumbar
“ Agam Beri Warna Lebih “

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, menyebutkan, kabupaten Agam selalu memberi warna lebih dalam berbagai aktivitas kemasyarakatan, termasuk kegiatan PKK dalam berbagai moment. Hal itu menjadi catatan penting dalam mendorong kemajuan daerah di Sumbar.

Hal itu disebutkan Nasrul Abit, saat mencanangkan Bulan Bakti Dasawisma (BBD) dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XVII tingkat Sumatera Barat, di lapangan GOR Rang Agam, Padang Baru Lubukbasung, Senin (2/3).

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyebutkan, peran dasawisma sangat besar terutama dalam melaksanakan 10 program pokok PKK di daerah, karena peran kader dasawisma sangat diandalkan dalam membina masyarakat di lapangan.

Dijelaskan Nasrul Abit, sesuai data statistik, jumlah penduduk Sumatera Barat 4,6 juta jiwa, dan jika jumlah penduduk ini dibina oleh 25 ribu anggota dasawisma yang ada di daerah ini, maka kesejahteraan keluarga akan sangat luar biasa.

Menurut Nasrul Abit, secara prinsip tugas pemerintah adalah terkait tata kelola dan manajemen pemerintahan, pembangunan serta sosial kemasyarakatan, agama dan budaya, terutama dalam pelaksanaan sosial kemasyarakatan, agama dan budaya sangat dibutuhkan peran PKK dan dasawisma dalam membantu tugas pemerintah, “ jika, 1 anggota dasawisma bisa membina 10- 20 KK, maka jumlah masyarakat miskin dan sangat miskin, akan berubah sejahtera, “ tegasnya.

Wagub Sumbar itu, menjelaskan, sesuai data DPMD Sumbar, ada 113 nagari dengan status tertinggal dan 9 nagari sangat tertinggal, dimana masalah pendidikan, kesehatan, ekonomi dan RTLH ada di nagari tersebut. Dari jumlah dan kondisi nagari itu, daerah harus fokus melakukan pengembangan dengan menggerakkan PKK melalui dasawisma,terutama memprioritaskan warganya mendapatkan pendidikan yang layak, kesejahteraan, kesehatan dan sarana pendukung lainnya.

“Untuk menjawab harapan itu, peran PKK sangat penting, kami menyadari PKK memiliki tugas berat dan membutuhkan dukungan anggaran. Namun perlu diingat, PKK harus ada program, karena anggaran berbasis kinerja dan jangan dilakukan bersifat fiktif,” tegasnya. HARMEN

Indra Catri Apresiasi Peran PKK
“ Teruji dan Terpuji “

Peran dan eksisten PKK dan Dasawisma dalam berbagai kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat sangat teruji dan terpuji. Pasalnya, aktivitas PKK dan dasawisma dalam mendorong kemajuan sangat dirasakan dampak positifnya bagi kemajuan daerah.

Secara khusus Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri menyebutkan, kabupaten Agam adalah buminya PKK dan Dasawisma, karena pemerintah daerah memposisikan PKK dan Dasawisma sebagai mitra kerja, yang berkaitan langsung dengan hidup serta kehidupan masyarakat di berbagai jorong dan nagari.

Peran dan eksistensi PKK dan dasawisma itu, diakui secara terbuka oleh Bupati Agam Indra Catri saat mengantarkan sekapur sirih bagi rombongan wakil gubernur Sumbar, para kepala daerah, ketua TP.PKK dari kabupaten-kota se Sumbar, serta ribuan anggota PKK dan dasawisma saat pencanangan bulan bhakti dasawisma dan gotong rotong masyarakat di lapangan GOR Rang Agam, Padang Baru, Lubukbasung, Senin,(2/3).

Disebutkan Indra Catri, selama ini PKK dan Dasawisma di kabupaten Agam berperan aktif untuk ikut menyukseskan berbagai program pemerintah daerah, tidak hanya dalam kaitan peningkatan kesejahteraan keluarga, pendidikan, kesehatan termasuk gerakan Agam Menyemai.

Peran penting PKK dan Dasawisma itu, ulas Indra Catri, Pemkab.Agam secara konsisten melakukan pembinaan, membentuk forum dasawisma, memfasilitasi kegiatan dan memberikan kebijakan stimulus anggaran, dan hal itu dampak dukungan PKK, yang sukses melaksanakan berbagai program di lapangan yang menampakkan hasil dalam beberapa tahun terakhir.

Hal itu dibuktikan, dengans serangkaian prestasi yang diraih PKK Agam, yang sangat membanggakan daerah, seperti halnya prestasi tingkat Sumbar meraih 6 kali juara umum lomba Kesatuan Gerak PKK, juara I lomba kader Dasawisma dan juara I lomba kader posyandu, “ ini sangat membanggakan dan menjadi motivasi bagi semua pihak, dan menjadi bukti eksistensi PKK dan dasawisma di Kabupaten Agam, “ sebut Indra Catri bangga. HARMEN

BBDW-BBGRM ke-XVII Sumbar Semarak

Dalam rangkaian semarak pencanangan bulan bhakti dasawisma-bulan bhakti gotong royong masyarakat (BBDW-BBGRM) ke-17 tahun 2020, diwarnai dengan ragam aktivitas dan penampilan potensi yang dimiliki para anggota dasawisma kabupaten Agam.

Selain penampilan group paduan suara, penampila rebana bina TP.PKK Agam, para OPD Pemkab Agam juga menggelar pameran hasil produksi unggulan, pelayanan dan program inovasi yang sudah dilakukan beberapa tahun terakhir.

Beberapa OPD Pemkab Agam yang membuka stand adalah mitranya TP-PKK Agam di antaranya, DPKP, Dinas Pertanian, Dinas Kominfo, DPMN, Disdikbud, Dalduk KB PP dan PA, DLH, Bappeda, Disperindag Kop-UKM, Konsultan Dasawisma dan beberapa OPD lain.

Beberapa OPD menyediakan spot khusus di depan kantor mereka, dengan menyediakan pelayanan dan pembagian berbagai jenis produk unggulan, terutama bibit unggul oleh Dinas Pertanian Agam yang dibagikan gratis untuk seluruh pengunjung.

” Kita siapkan lebih dari 1.000 batang bibit tanaman yang dibagikan gratis untuk para pengunjung dan masyarakat, Alhamdulillah, minat warga tinggi, stok di stand depan kantor habis, “ sebut Arief Restu, Kadis.Pertanian Agam

Menurut Teddy Martha, Kepala DPMN Agam, selaku leading sektor kegiatan menyebutkan, stand pameran itu sengaja disiapkan dibuka untuk mempromosikan potensi yang ada di kabupaten Agam, pada seluruh pengunjung dan tamu dari luar daerah.

Moment ini, sebut Teddy Martha, sangat potensial dimanfaatkan untuk mendorong promosi keunggulan potensi daerah, tidak hanya potensi pertanian, perkebunan, pariwisata, tapi juga tingkat keseriusan dan perhatian yang luar biasa dari pimpinan daerah dalam mendorong pengembangan potensi yang dimiliki, dengan berbagai program strategis, inovatif dan kreatif.

Stand pameran yang dibuka sehari penuh itu, ramai dikunjungi masyarakat dan ribuan anggota dasawisma dari berbagai nagari di kabupaten Agam termasuk stand bibit Distan Agam yang sengaja dibuka sebagai wujud konsisten program Agam Menyemai yang semakin mengakar. HARMEN

Dalam 3 Bulan PKK Agam Datangkan 4.000 Pengunjung

Moment pencanangan bulan bhakti dasawisma- bulan bhakti gotong royong masyarakat (BBDW-BBGTM) ke-17 tingkat Sumatera Barat di lapangan GOR Rang Agam, Padang Baru, Lubukbasung Senin,(2/3), menjadi ajang khusus bupati Agam Dr.Indra Catri dalam mempromosikan berbagai potensi wisata kabupaten Agam dengan tagline #ayo ke Agam.

Secara khusus bupati Agam menyebutkan moment pencanangan BBDW-BBGTM 2020, menjadi ajang khusus dalam rangkaian program #ayo ke Agam yang sedang gencar dilakukan jajarannya.

“Saat ini, kami gencar- mempromosikan potensi daerah melalui tagline #ayo ke Agam. Kami bangga karena objek wisata, produksi pertanian dan UMKM Agam makin menggeliat, kami optimis, berbagai potensi wisata yang dimiliki kabupaten Agam bisa menjadi salah satu destinasi yang diandalkan di Sumatera Barat,”yakin Indra Catri.

Bahkan yang luar biasa, bupati Agam Indracatri itu mencatat, dalam tiga bulan terakhir, lebih dari 4.000 pengunjung berhasil didatangkan para kader PKK dan dasawisma kabupaten Agam dalam serangkaian kegiatan dan jamuan yang dilakukan di berbagai objek wisata, “itu baru kader PKK dari berbagai daerah di Sumbar, belum lagi kunjungan luar provinsi,”tegas Indra Catri.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top