Pariwisata

Air Terjun Langkuik Tinggi, Surga Alam di Malalak

Instagram: @Kiddrock85

Air Terjun Langkuik Tinggi adalah tempat wisata yang paling cocok bagi wisatawan suka dengan alam dan cinta akan keindahan.

Dan bagi yang suka mandi dengan air yang sejuk dan jernih maka inilah tempat yang cocok untuk memanjakan diri dengan airnya yang sangat sejukkan tubuh para wisatawan.

Air terjun ini lokasinya berada agak kedalaman karena umumnya air terjun memang pada umumnya ada di daerah pedalaman.

Tentunya banyak berbagai rintangan dan hambatan menuju lokasi wisata air terjun Langkuik Tinggi ini.

Lokasi air terjun Langkuik Tinggi ini Berada di Kabupaten Agam, Kecamatan Malalak, Sumatera Barat.

Pemandangan air terjun ini memang sangat luar biasa indahnya. Ada lima buah macam air terjun yang ada di sini.

Air terjun Langkuik Tinggi ini tepatnya berada di Jorong Nyiur yang berada di Kecamatan Malalak Selatan.

Dan di sini terdapat 5 buah air terjun yang sangat indah. Dan menurut kesaksian warga yang ada di sini menceritakan adanya 17 air terjun.

Akan tetapi air terjun yang unik dan populer di kunjungi wisatawan adalah Air Terjun Lungkuik Tinggi yang tak kalah indahnya dari air terjun lainnya yang ada di sini.

Untuk mengisi liburan dan menghabiskan waktu anda bersama keluarga sangat cocok jika mengunjungi Air Terjun Langkuik Tinggi ini, karena udara yang ada di sekitar air terjun sangat sejuk dan hutannya masih terjaga dengan baik, dan lokasi air terjun juga berada di pinggir Gunung Singgalang.

Untuk menuju lokasi air terjun ini sangat sulit dan sangat dan harus melewati jalan yang sangat menantang, karena lokasi air terjun sangatlah jauh di dalam hutan.

Baca Juga:  Kuburan Panjang, Wisata Religi di Palupuah

Dalam perjalanan kita akan berjalan melalui jalan setapak yang mana jalan tersebut berbatu, mendaki dan menurun. Dan kita harus berhati-hati untuk berjalan karena jalan menuju air terjun juga terdapat jalan yang miring hingga 70 derajat.

Kemudian di dalam perjalanan kita juga akan menemui berupa sungai, sungai tersebut juga terdapat bebatuan besar dan licin, sehingga kita harus berhati-hati dalam perjalanan tersebut.

Akan tetapi pengelola air terjun ini sudah menyiapkan tali untuk menyeberang di sungai tersebut.

Perjalanan menuju air terjun Langkuik Tinggi ini memang sangat menantang bagi kita yang tidak terbiasa berjalan di hutan, tetapi jika kita sudah sampai di lokasi air terjun tersebut, maka rasa penat dan letih akan hilang sendirinya.

Karena melihat air terjun yang sangat indah dengan pemandangan yang sangat sayang jika di lewatkan begitu saja.

Lokasi menuju Air Terjun Langkuik Tinggi berada di Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Dan berada di Jorong Nyiur, Malalak Selatan. Jorong Nyiur sendiri berada di jalur alternatif Padang- Bukit Tinggi. Dan berada di jalan Simaka. Sicincin, Malalak Balingka.

Dan jarak dari Kota Bukittinggi adalah 40 Km. Dan kendaraan yang kita pakai bisa menggunakan roda 2 atau roda 4.

Bagi kita yang berada dari Kota padang, kita harus menuju ke terminal Sicincin, dan jika kita telah lewat dari terminal Sicincin maka kita akan menemukan persimpangan, kita harus berbelok ke kiri dan menuju ke arah Koto Mambang.

Setelah kita berada di Koto Mambang dan berbelok ke arah Tandikek. Kemudian tiba di tiba di Balai Akiak dan berbelok ke kanan dan tidak jauh dari sana kita akan tiba di Jorong Nyiur.

Baca Juga:  Padang & Pessel Cari Investor ke Arab

Kemudian jika kita berada di Kota Bukittinggi kita menuju ke arah simpang Padang Luar belok kanan dan menuju simpang Malalak. Setelah kita berada di simpang Malalak belok kiri dan kita menuju ke Jorong Nyiur, jika kita menggunakan kendaraan maka menempuh perjalanan hingga 1 jam.

Kemudian setelah kita tiba di Jorong Nyiur, maka kita akan menemukan sebuah posko.

Dan di posko tersebut kita akan melihat sebuah spanduk yang tulisannya adalah Selamat Datang. Nah, di posko ini kita akan membayar masuk sebesar Rp 5000 per kendaraan, dan biaya masuk Rp 5000 per orang.

Dan tentunya kita harus mengisi formulir untuk mengetahui berapa orang yang akan berangkat. Jika kita belum mengetahui tempatnya dan baru pertama kali datang ke air terjun Lungkuik Tinggi ini, maka kita bisa menyewa jasa guide untuk membimbing kita selama perjalanan pergi dan pulangnya.

Perjalanan yang akan di lewati cukup jauh yaitu sekitar 1,5 Km.Banyak yang akan kita lewati selama dalam perjalanan, yaitu seperti melewati sungai, hutan, sawah dan banyak lainnya.

Dan kita akan melewati perkebunan yang kemiringannya hingga 70 derajat. Tapi tidak usah kawatir dengan kemiringan ini. Karena pengelola sudah mempersiapkan pijakan dan tali untuk bergantung, jadi wisatawan akan aman.

Kemudian setelah kita menempuh perjalanan lebih kurang 700 meter, kita akan menemukan sebuah air terjun pertama, dan di sini kita akan melihat indahnya air terjun ini dan beristirahat sejenak, dan setelah itu kita akan menemukan air terjun yang ke dua jaraknya sekitar 200 meter dari air terjun pertama.

Baca Juga:  Viral di Medsos, Obyek Negeri Di Atas Awan Penuh Sesak

Di air terjun ke dua ini kita bisa berenang dan beristirahat lagi.
Dan air terjun berikutnya tidaklah terlalu jauh, di sini perjalanan akan terasa menantang dan semakin asik.

Wisatawan akan melewati tangga dan bebatuan yang besar, dan kita harus hati-hati. Dan jika kita menuju ke air terjun yang terakhir di sinilah perjalanan akan semakin menantang. Disini kita akan menantang derasnya air sungai.

Setelah tiba di air terjun Langkuik Tinggi yang terakhir, maka di sana kita akan merasakan indahnya air terjun ini. Air yang sangat sejuk. Udara yang bersih dan air nya yang masihalami dan jernih akan menghilangkan penat yang kita rasakan selama perjalanan.

Untuk menelusuri Air Terjun Langkuik Tinggi, Siapkan fisik yang sehat dan kuat,karena kita akan menempuh perjalanan yang sangat menguras tenaga.

Gunakan sepatu kusus, karena jalan banyak licin dan berbatu. Mengunjungi Air Terjun Langkuik Tinggi hendaknya pada saat musim kemarau, jika saat musim hujan, maka air sungai sangat deras dan jalan sangat licin.

Jangan membuang sampah sembarangan, jagalah kebersihan baik di dalam perjalanan maupun di lokasi air terjun.

Di sarankan agar membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, karena di lokasi air terjun tidak ada warung.

Bawalah kamera yang bagus agar momen ini dapat kita kenang bersama keluarga atau teman selama berada di tempat wisata air terjun Langkuik Tinggi Malalak.

Nah, itulah beberapa ulasan atau penjelasan tentang keindahan Wisata Air Terjun Langkuik Tinggi yang dapat Anda kunjungi sekedar berwisata atau ingin berpetualang ke tempat ini.

(Brian/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top