Pariwara Pemkab Agam

Wujud Pengakuan Nasional Indra Catri Bupati Visioner Indonesia

Pariwara, KABA12.com — Bupati Agam Dr.H.Indra Catri Dt.Malako nan Putiah betul-betul menjadi kepala daerah terbaik. Setelah sehari sebelumnya mendapatkan penghargaan sebagai kepala daerah terbaik I pembina pengelolaan dana desa di Sumatera Barat, bahkan penghargaan terbaik pertama itu diraih tiga tahun berturut-turut, bupati Agam itu kembali mendapatkan penghargaan tingkat nasional.

Penghargaan yang diserahkan di Lido Lake Resort Sukabumi oleh Tumpak Simanjuntak, Inspektur Jenderal Kemendagri dan Drs.Akmal Malik, MSi, Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, sebagai Kepala Daerah Terbaik dalam Pemberdayaan Masyarakat atau kategori The Best in Civic Engagement di pagelaran Indonesia Visionary Leader (IVL) yang penilaiannya dilakukan sejak 2019 lalu.

Bupati Agam Dr. H. Indra Catri, MSP kembali raih penghargaan prestisius dari Sindo Media, sebagai Kepala Daerah Terbaik dalam Pemberdayaan Masyarakat atau kategori The Best in Civic Engagement pada pagelaran Indonesia Visionary Leader (IVL) yang penilaiannya dilakukan sejak 2019 lalu.

Penghargaan yang diraih bupati Agam Dr.Indra Catri, melengkapi beragam prestasi sebagai wujud pengakuan dari berbagai elemen yang ada, baik di lembaga pemerintahan di Sumatera Barat maupun ditingkat nasional. HARMEN.

Indra Catri Terima Anugerah Indonesia Visionary Leader 2020

Bupati Agam Dr. H. Indra Catri, MSP kembali raih penghargaan prestisius dari Sindo Media, sebagai Kepala Daerah Terbaik dalam Pemberdayaan Masyarakat atau kategori The Best in Civic Engagement pada pagelaran Indonesia Visionary Leader (IVL) yang proses penilaiannya dilakukan sejak 2019 lalu.

Penilaian IVL Sindo Media digelar melibatkan tim juri yang berasal dari berbagai bidang keahlian, untuk menilai kepala daerah yang dianggap visioner dan berpotensi menjadi pimpinan di tingkat nasional.

Kategori penilaian meliputi research mendalam terhadap kinerja kepala daerah serta inovasi yang diterapkan di daerah masing-masing, termasuk hasil survey lapangan yang dilakukan tim juri yang berasal dari berbagai unsur tersebut.

Menurut Drs. Akmal Malik, M.Si Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, yang juga ketua tim juri, menjelaskan, penilaian Indonesia Visionary Leader ini adalah salah satu bukti bahwa di Indonesia masih banyak kepala daerah yang melaksanakan pengabdiannya dengan luar biasa.

Baca Juga:  # Pray to Limapuluh Kota

Dijelaskan, cakupan penilaian yang dilakukan oleh Media Sindo sangat kompleks dan terukur, tidak hanya hasil informasi, presentasi semata, tapi tinjauan lapangan yang akurat, termasuk dengan kajian berbagai aspek penting yang membedah tuntas berbagai hal terkait dengan sosok kepala daerah yang dinilai.

Tim juri, sebut Akmal Malik, juga melakukan kajian dan evaluasi khusus terhadap berbagai hal terkait dengan sepak terjang dan aktivitas kepala daerah lain yang masuk nominasi, termasuk isu-isu terkait dengan keberadaan personal.

“Harus kita akui, tidak sedikit kepala daerah yang terbilit dalam isu negatif bahkan tersandung masalah hukum, dan pemberitaan terkait hal itu sangat masif. Namun kita juga menyadari dan meyakini, bahwa masih banyak kepala daerah yang berkerja dengan penuh prestasi, berinovasi dan mengabdi dengan sesungguhnya, ” jelasnya.

Dan pengakuan itu, salah satunya diterima bupati Agam Dr.H.Indra Catri yang secara nasional jadi pusat perhatian karena serangkaian prestasi dan inovasi yang dilakukan selama menjabat sebagai bupati Agam dua periode, yakni 2010-2015 dan 2016-2021.

H.Indra Catri menjadi salah satu bupati terbaik di Indonesia yang sukses mengibarkan berbagai terobosan positif dalam mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, dibuktikan dengan serangkaian program pembangunan yang dilakukan selama menjabat di kabupaten Agam, bahkan kini ikut dipinang sebagai calon pemimpin di Sumatera Barat, dalam Pilkada Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar 2020 ini. HARMEN

Terima Penghargaan Indonesia Visionary Leader 2020
Indra Catri : Ini Untuk Masyarakat Agam

Bagi Bupati Agam Dr.H. Indra Catri, penghargaan Indonesia Visionary Leader 2020 ini menjadi capaian paripurna. Karena ini adalah penghargaan ke-empat dalam tiga kategori yang berbeda dari Sindo Media selama ia menjabat sebagai Bupati Agam.

Baca Juga:  Kabupaten Agam Luar Biasa, Raih WTP Tiga Tahun Berturut-Turut

Sebelumnya Bupati Agam Dr.Indra Catri, terpilih sebagai Koran Sindo People of the Year tahun 2014 dan 2017, serta Kepala Daerah Inovatif 2019, serta serangkaian penghargaan lain dari kelompok media tersebut.

“Alhamdulillah, penghargaan yang diberikan merupakan salah satu bentuk apresiasi lembaga media terhadap eksistensi kita di daerah, termasuk sebagai buah kerja keras tim kerja Pemkab Agam dalam mengurai pengabdian untuk masyarakat, “ sebut Indra Catri.

Disebutkan, penghargaan yang diraihnya tersebut, merupakan bentuk penghargaan terhadap masyarakat kabupaten Agam melalui dirinya, karena apa yang sudah dilakukan selama ini di kabupaten Agam sebagai kepala daerah, pihaknya justru banyak didukung masyarakat, karena tanpa peran masyarakat, berbagai program yang dicanangkan tidak akan berjalan optimal.

“ Penghargaan ini sepenuhnya untuk masyarakat, dan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus memaksimalkan kegiatan pemerintahan untuk merealisasikan berbagai program yang sudah dirancang selama ini, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Agam, “ ulas Dr.Indra Catri yang akrab dipanggil “ Pak IC “ ini.

Ditambahkan,pihaknya dulu mengawali inovasi demi inovasi di berbagai lembaga yang ada di Pemkab.Agam,melalui serangkaian tantangan yang cukup berat, beragam hal harus diselesaikan, apalagi inovasi artinya hal yang baru.

Bahkan berbagai inovasi itu, ulasnya, tidak mudah untuk menerapkan hal yang sama sekali baru di dunia pemerintahan, apalagi sampai ke tingkat masyarakat di Nagari. “ Tapi berkat kesatuan visi dan komitmen yang kuat, sekarang kita sampai pada waktu untuk menyemai,” ujar Indra Catri lagi.

“Saya persembahkan penghargaan ini untuk segenap aparatur pemerintahan dan masyarakat di setiap nagari yang ada di Agam. Karena tanpa komitmen dan dukungan mereka semua, tentu kita tidak akan pernah sampai pada tempat kita berdiri sekarang. Terima kasih untuk dukungannya,” ulas Bupati Agam yang sudah menjabat dua periode tersebut. HARMEN

Penghargaan Indonesia Visionary Leader 2020
Wujud Konsisten Pacu Kemajuan

Baca Juga:  Tim Suku Maori Terkesan di Agam

Penghargaan Indonesia Visionary Leader 2020 yang diraih Dr.H.Indra Catri, bupati Agam dari kelompok koran Sindo, merupakan wujud konsistensi bupati Agam itu dalam mengawal seluruh program dan kegiatan yang diarahkan untuk memacu peningkatan mutu pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Selama dua periode menjabat bupati di kabupaten Agam (2010-2015 dan 2016-2021), banyak program dan inovasi yang sudah dilakukan, yang diarahkan pada pemanfaatan tekhnologi informasi yang disesuaikan dengan kondisi kekinian di daerah, sebagai upaya membangun potensi SDM yang dimiliki berbagai elemen pelaksana pemabngunan di daerah ini.

Menurut Kasman Zaini, Kabag.Protokoler-Komunikasi Pimpinan Sekab.Agam, penghargaan yang diraih bupati Agam itu, menjadi bagian dari transportasi kemajuan yang secara signifikan diraih kabupaten Agam dalam berbagai aspek.

Diakui Kasman Zaini, dalam perjalanannya, banyak hal yang ditemui, terutama dalam upaya merealisasikan berbagai inovasi, membangun kesamaan visi, serta melengkapi berbagai sarana pendukung yang diakui membutuhkan waktu yang cukup panjang.

“ Namun,Alhamdulillah,berkat konsistensi dan pengawasan langsung yang dilakukan bupati Agam, di setiap rapat rutin OPD tiap bulan, forum OPD serta di berbagai moment lain, bupati selalu memantau dan mempertanyakan perkembangan program yang sudah dirancang, “ sebut Kasman Zaini lagi.

Dan kerja keras semua unsur itu, mendapat apresiasi dan perhatian kalangan pemerintah pusat termasuk berbagai lembaga yang ada ditingkat nasional, termasuk kalangan media, sehingga bupati Agam,menjadi salah satu kepala daerah di Indonesia yang mendapat pengakuan menjadi yang terbaik, “ yang luar biasa, penghargaan sudah 4 kali diraih, untuk empat kategori yang ditetapkan tim juri, “ sebut Kabag.Protokoler-Komunikasi Pimpinan Sekab Agam itu lagi.

Ditambahkan, pengakuan berupa penghargaan nasional itu, justru akan menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Pemkab.Agam, sampai ke tingkat nagari dalam upaya memacu terealsiasinya berbagai agenda daerah yang disusun sebagai maksimal , sasarannya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top