Kaba Terkini

Bupati Agam Himbau Warga Waspada, Cuaca Panas Rentan Picu Kebakaran

Lubukbasung, kaba12.com — Bupati Agam Dr.Indra Catri himbau masyarakat untuk mewaspadai bahaya kebakaran yang rentan terjadi di seluruh wilayah kabupaten Agam, apalagi saat cuaca panas disertai angin kencang yang terjadi beberapa waktu belakangan.

Tidak hanya ancaman kebakaran di berbagai sarana, baik rumah maupun gedung perkantoran, tapi juga potensi kebakaran lahan yang ditengarai rentan terjadi, saat cuaca panas disertai angin kencang saat ini.

Hal itu disampaikan bupati Agam melalui Kabag.Protokoler-Komunikasi Pimpinan Sekab.Agam Kasman Zaini, menyikapi musibah kebakaran lahan di Nagari Durian Kapeh Darussalam, kecamtaan Tanjung Mutiara Rabu kemarin.

Disebutkan, mengantisipasi bahaya kebakaran butuh peran dan dukungan masyarakat, terutama dalam mengantisipasinya, selain tidak melakukan pembakaran jika membuka atau membersihkan lahan perkebunan, menjauhkan material yang rentan terpicu api di tumpukan ranting atau rumput kering, serta ikut mengawasi aktivitas warga lain agar tidak melakukan pembakaran sampah yang dikuatirkan bisa memicu kebakaran besar.

“ Kami himbau masyarakat berperan mengawasi langsung di lapangan, untuk mengantisipasi dampak yang lebih buruk, kewaspadaan dan kesiapsiagaan sangat penting,“ sebut bupati Agam.

Sementara sesuai data yang dihimpun kaba12.com, potensi kebakaran lahan di kabupaten Agam cukup tinggi, bahkan merata di 16 kecamatan di wilayah ini, beberapa waktu belakangan cukup banyak kasus kebakaran lahan yang terjadi, dengan kerugian yang cukup besar.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top