Pariwara Pemkab Agam

Penghargaan Pembina Dana Desa Terbaik I, Indra Catri Bupati Terbaik di Sumbar

Pariwara, KABA12.com — Lagi, pengakuan atas kelebihan dan prestasi diberikan untuk kabupaten Agam.

Gubernur Sumbar H.Irwan Prayitno, serahkan piagam penghargaan pada bupati Agam Dr.H.Indra Catri sebagai Bupati Terbaik I selaku pembina dana desa tahun 2019 di Padang.

Penghargaan yang diraih bupati Agam tersebut, sebagai bukti konkrit atas konsistensi dan komitmen yang tinggi terhadap upaya mendorong pengembangan potensi yang dimiliki nagari di kabupaten Agam selama ini.

Penghargaan yang diraih Indra Catri, disebutkan sebagai salah satu bentuk realisasi dari berbagai program inovasi yang dilakukan Pemkab Agam, tidak hanya untuk pemerintahan nagari dan masyarakat, tapi juga dalam tatanan sistim pemerintahan yang transparan, cepat, tepat dan professional untuk melayani.

Usai menerima penghargaan tersebut, Bupati Indra Catri menegaskan, bahwa pihaknya sangat konsisten dengan upaya mendorong pengembangan beragam potensi yang dimiliki nagari bersama masyarakat.

Karena sebagai lembaga pelayanan pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, jajaran pemerintahan nagari harus dibekali dengan berbagai terobosan, inovasi serta pengetahuan lebih dalam berbagai aspek, termasuk dalam tata kelola keuangan nagari sesuai dengan aturan yang berlaku.

“ Ini bagian dari upaya kita mendorong pertumbuhan pembangunan nagari dan kesejahteraan masyarakat, karena hal itu penting untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, sesuai visi Agam mandiri yang madani, “ ulas Indra Catri. HARMEN

Wujud Peduli, Prestasi Tiga Tahun Berturut-Turut

Baca Juga:  Peringatan Hari Air Sedunia XXV di Maninjau

Dalam hal pembinaan dana desa terbaik, bupati Agam Dr.H.Indra Catri ditetapkan sebagai pembina terbaik I tingkat Sumatera Barat. Yang luar biasa, bupati Agam yang sudah dua periode menjabat, bahkan sukses mendapatkan penghargaan pembina dana desa terbaik tiga kali berturut-turut dari gubernur Sumbar.

Seperti halnya penghargaan yang diraih Bupati Agam Indra Catri, sebagai pembina dana desa tahun 2019 yang diserahkan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam Rakor Pemprov Sumbar 2020 di Padang, Rabu,(26/2).

Dalam penghargaan yang diraih tersebut, bupati Indra Catri sukses meraih predikat terbaik I menggalah seluruh bupati-walikota se Sumbar tersebut, total nilai 92,71 mengungguli Bupati Pasaman Barat dan Bupati Solok.

Menurut Teddy Martha, kepala DPMN Agam, piagam penghargaan yang diserahkan gubernur Sumbar itu, merupakan penghargaan ketiga yang secara berturut-turut diraih kabupaten Agam dalam konteks pembinaan dan pengelolaan dana desa, “ Alhamdulillah, ini menjadi motivasi bagi seluruh unsur terkait, terutama jajaran pemerintah nagari di kabupaten Agam, “ sebutnya.

Dijelaskan Teddy, dalam pengelolaan dana desa, Pemkab Agam secara berkesinambungan memberikan pembinaan kepada jajaran pemerintah nagari, dan hal itu tidak lepas dari kebijakan bupati Agam, yang terus mendorong dan mengawasi kegiatan pemerintah nagari dalam beraktivitas, dengan konsep mensejahterakan, melayani, melindungi serta membangkitkan semangat komunitas serta kebanggaan terhadap nagari.

Yang luar biasa, sebut Teddy Martha, diberbagai moment, Bupati Agam selalu menegaskan pembangunan nagari tidak bisa hanya dengan mengandalkan usaha dari pemerintah daerah dan kecamatan semata, tapi harus dengan upaya maksimal jajaran pemerintah nagari untuk mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga:  Indra Catri Champion di Pekan Nasional PRB 2016 Manado

Teddy Martha menambahkan, dengan luasnya wilayah, keberagaman masyarakat dan seringnya terjadi bencana, wali nagari diberi kewenangan yang luas untuk menyesuaikan pola pembangunan dan penggunaan dana desa sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik daerahnya masing-masing.

Sementara, ulas kepala DPMN Agam itu, agar wali nagari tidak terjerat kasus hukum dan takut mengelola dana desa, berbagai upaya dilakukan Pemkab Agam, untuk membangun pemahaman, penguasaan regulasi dalam pengelolaan dana nagari, terutama dengan pelatihan, sosialisasi, workshop, bimtek dan studi tiru.

“Apa yang dilakukan Pemkab Agam bertujuan agar pemerintahan nagari mampu mendapatkan legitimasi yang kuat sekaligus didukung, dipercaya, dan dihormati oleh masyarakatnya.Pemkab. Agam akan terus memberikan pembinaan kepada wali nagari dan perangkat agar bisa mengelola dana desa dengan akuntabel,” ulasnya.

Hal itu ulasnya, bertujuan untuk menciptakan nagari “AGAM” (Ability, Government, Accountable, dan Modern), yaitu nagari yang selalu bertransformasi secara terencana, terstruktur, dan progresif, serta mengikuti perkembangan zaman yang didukung oleh sembilan strategi pilihan.

Penyerahan piagam penghargaan sebagai kepala daerah terbaik I sebagai pembina dana desa 2019 dari gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang didampingi wakil gubernur Sumbar H.Nasrul Abit dan para kepala daerah se Sumbar lainnya. HARMEN

Baca Juga:  Agam Jadi Pembicara Utama PRB Nasional di UGM

Nasrul Abit Ucapkan Selamat Untuk Indra Catri

Wakil Gubernur Sumbar H.Nasrul Abit, secara khusus memberikan ucapan selamat pada Bupati Agam Dr.H.Indra Catri, yang meriah penghargaan selaku pembina pengelolaan dana desa terbaik di Sumatera Barat.

Bahkan, yang luar biasa, Indra Catri meraih prestasi sebagai pembina dana desa terbaik I selama tiga tahun berturu-turut yang menurutnya, hal itu terjadi sebagai wujud konsistensi perhatian dan pembinaan yang dilakukan bupati Agam bersama jajarannya dalam mendorong optimalisasi dana desa/nagari di daerah itu.

Menurut Nasrul Abit, masalah pengelolaan dana desa secara nasional, menjadi fokus perhatian khusus pemerintah, karena jumlah dana yang digelontorkan pemerintah setiap tahun terus bertambah dengan volume kegiatan yang terus bertambah, “ hal itu butuh pengawasan dan pembinaan khusus, agar seluruh dana yang dialokasikan tepat sasaran, sehingga berbagai program yang dicanangkan di nagari bisa berjalan optimal, “ sebut Nasrul Abit lagi.

Diharapkannya, konsistensi pembinaan dalam pengelolaan dan pengawasan dana desa tersebut bisa menjadi motivasi untuk lebih memaksimalkan dukungan kemajuan nagari, termasuk bisa menjadi motivasi bagi daerah lain dalam melakukan langkah serupa agar seluruh nagari yang ada di Sumatera Barat bisa lebih maju dan berkembang.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top