Pariwara Pemkab Agam

Menantang Maut Antar Bantuan Korban Bencana di Pasaman, Indra Catri Terjang Medan Berat “Sampaikan Pesan Dunsanak Untuk Saudara di Pasaman “

Pariwara, KABA12.com — Bagi bupati Agam Dr.H.Indra Catri Dt.Malako nan Putiah, “ pasan dunsanak” adalah hal khusus yang harus ditaati dan dipenuhi. Apalagi pesan-pesan kemanusiaan yang harus dijabarkan dengan cepat.

“Pasan Dunsanak” itulah yang membuat tekad bulat bupati Agam bersama rombongan untuk menghadang tantangan berat, bahkan harus menempuh medan menantang maut dan mengerikan untuk menyampaikan pesan kemanusiaan dari masyarakat kabupaten Agam untuk membantu “dunsanak rang Agam di Pasaman “ yang ditimpa musibah banjir bandang.

“ Kami membawa amanah dari dunsanak, masyarakat kabupaten Agam untuk mendatangi keluarga dan dunsanak di Muaro Sungai Lolo, Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Kabupaten Pasaman, “ ujar Indra Catri saat bertolak menuju lokasi pasca bencana itu, untuk mengantarkan bantuan dari masyarakat kabupaten Agam, Minggu-Senin,(23-24/2).

Berbekal amanah itulah, bupati Indra Catri langsung memimpin rombongan Pemkab Agam untuk “merancah” medan berat, menghadang maut karena ruas jalan menuju lokasi pasca bencana tersebut sangat berat, penuh lumpur, dengan pendakian yang terjang, bahkan di kiri-kanan jalan jurang terjang siap setiap saat menjemput ajal.

Jika lengah sedetik saja, mobil double garden yang dibawah, akan terjun beban ke dalam jurang dengan ketinggian sekitar 3 kali pohon kelapa. Bahkan, armada yang disiapkan dari Lubukbasung untuk menjajal medan berat menuju lokasi pasca bencana di kabupaten Pasaman “harus menyerah” di Jorong Bangkok, nagari Muaro Sungai Lolo, karena tak kuat bertempur melawan lumpur menuju lokasi.

Bahkan mobil dinas bupati Agam, mobil dinas asisten I Sekab Agam dan beberapa kendaraan lain harus diistirahatkan di bawah bukit, karena tak kuat menggarungi lumpur berbatu, apalagi ikut menerjang pebukitan yang biasanya menjadi santapan para pencandu mobil off road, “ tapi Alhamdulillah, “ komentar singkat Kasman Zaini, Kabag.Protokol-Komunikasi Pimpinan Sekab Agam, yang tak bisa berkomentar banyak saat dihubungi kaba12.com di lokasi penyerahan bantuan.

Dan amanah masyarakat dan para ASN Pemkab Agam yang disandang bupati Agam bersama rombongan untuk masyarakat yang terdampak pasca bencana banjir bandang di Muaro Sungai Lolo, Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Kabupaten Pasaman, sudah tersalurkan dengan baik.

Bahkan Indra Catri, disambut suka cita para korban pasca bencana, termasuk bupati Pasaman H.Yusuf Lubis, serta para pimpinan Pemkab.Pasaman yang memberi penghargaan tinggi pada bupati Agam bersama rombongan yang memberi perhatian dan kepedulian besar pada masyarakat kabupaten Pasaman yang ditimpa musibah.

“ Ini wujud silaturrahmi dan badunsanak yang sesungguhnya, “ sebut H.Yusuf Lubis yang mengaku haru atas besarnya kepedulian masyarakat kabupaten Agam itu. HARMEN

#Agam Peduli Sesama di Pasaman
Murid SD dan Anak-Anak Sandera Bupati Indra Catri

Banyak hal menarik dan luar biasa yang terjadi sepanjang perjalanan berat dan menantang dalam upaya mengantarkan bantuan untuk dunsanak rang Agam yang terdampak bencana di Muaro Sungai Lolo, Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Kabupaten Pasaman.

Tidak hanya menantang maut dengan rute perjalanan panjang dan berat, tapi haru dan kegembiraan justru menyongsong kehadiran bupati Agam bersama rombongan. Pasalnya, usai menempuh medan berat sekitar lebih dari 6 jam, rombongan yang memasuki perkampungan penduduk disambut gembira dan suka cita oleh masyarakat Muaro Sungai Lolo.

Bahkan yang luar, secara spontan, tanpa dikomando, rombongan bupati Agam disambut sorak sorai oleh anak-anak dan murid SD Sungai Lolo, bahkan rombongan anak-anak yang masih berpakaian seragam sekolah, dengan nekad bersama-sama mengejar rombongan kendaraan bupati Agam untuk bersalaman, bahkan meminta bupati Agam untuk turun.

Dalam hal urusan anak-anak, apalagi melihat anak-anak sekolah, bupati Agam dengan spontan meminta rombongan berhenti, walau jarak tempuh ke lokasi penyerahan bantuan masih jauh dan mendatangi anak-anak yang masih berlarian menyambut mereka.

Yang luar biasa, anak-anak langsung berhamburan mendatangi bupati Indra Catri meminta bersalaman dan mencium tangan pemimpin pemerintahan kabupaten Agam yang sengaja menyambangi wilayah terdampak bencana di kabupaten Pasaman itu.

Bahkan dengan lugu, anak-anak sekolah termasuk yang tidak berpakaian seragam sekolah meminta foto bersama bupati Agam yang sudah dua periode menjabat itu, “ kirim kamari nanti yo nyiak, pak, om, “ sorak anak-anak dengan ragam sebutan pada Indracatri yang meminta hasil foto-foto mereka, bisa mereka lihat dan dipajang di desa mereka.

“ Anak-anak itu tulus, mereka jujur dalam bersikap, ini jadi pengobat lelah dalam perjalanan kita meninjau dunsanak yang rang Agam yang tertimpa musibah di Muaro Sungai Lolo, kecamatan Mappat Tunggul Selatan, Kabupaten Pasaman ini, “ sebut Indra Catri menahan haru. HARMEN

#Agam Peduli, Tidak Hanya Kini
Indra Catri : Kekuatan Silaturrahmi Adalah Peduli

Kepedulian Bupati Agam Dr.Indra Catri terhadap berbagai persoalan apalagi bencana yang menimpa masyarakat di berbagai daerah di Sumatera Barat, bahkan di Indonesia sejak lama sudah terbangun dengan baik.

Bahkan sejak awal menjadi, masalah mitigasi bencana, penanganan pasca bencana dan aspek-aspek yang berpotensi muncul yang akan merugikan masyarakat, menjadi prioritas penting yang harus ditangani dengan maksimal di kabupaten Agam.

Termasuk serangkaian bencana yang terjadi di berbagai daerah di Sumbar. Dalam 9 tahun terakhir menjabat kepala daerah, perhatian, kepedulian bahkan bukti peduli diwujudkan dengan memberi bantuan yang diantarkan langsung ke lokasi bencana. Seperti halnya dalam beberapa waktu belakangan, bantuan untuk korban banjir di 50 Kota, banjir bandang Solok Selatan, longsor di Tanah Datar, terakhir bantuan untuk korban pasca bencana banjir bandang di Muaro Sungai Lolo, kecamatan Mappat Tunggul Selatan, kabupaten Pasaman.

Hal itu, wujud pembuktian, bahwa semangat peduli yang dideklarasikan dengan tagar #Agam peduli sudah sejak lama terbangun dengan baik yang diaplikasikan tidak hanya di kabupaten Agam, tapi juga untuk “dunsanak rang Agam” yang berada di berbagai daerah di Sumbar bahkan secara nasional, termasuk dengan dukungan penanganan pasca bencana kemanusiaan, yang melibatkan personil dan armada dari Satpol.PP-Damkar serta BPBD Agam.

“ Kekuatan silaturrahmi itu adalah kepedulian, “ sebut Bupati Agam Dr.Indra Catri.

Dengan kepedulian itulah, bupati Indra Catri, menegaskan, bahwa berbagai bantuan yang diberikan untuk warga terdampak bencana di berbagai daerah, termasuk di Kabupaten Pasaman merupakan amanah masyarakat kabupaten Agam.

“ Saya selalu diingatkan, jika ada musibah terjadi di daerah lain, ada saya masyarakat yang mengingatkan, apakah dunsanak awak nan disinan alah bacaliak, itu pesan yang selalu saya dapatkan untuk mengingatkan kita, bahwa peduli itu pondasi dasar dalam silaturrahmi, “ sebut Indra Catri.

Dan berbekal pesan mengingatkan itulah, bupati Indra Catri bersama rombongan, dengan keikhlasan siap menghadang tantangan, mendatangi warga terdampak bencana di Muaro Sungai Lolo, Mappat Tunggul Selatan, kabupaten Agam, yang berada justru di balik pegunungan yang harus diterjang rombongan untuk bisa sampai ke lokasi terdampak bencana banjir bandang itu. HARMEN

Kabupaten Agam Bantu Korban Banjir Bandang Pasaman

Mewakili masyarakat kabupaten Agam, bupati Dr.Indracatri antarkan bantuan untuk korban terdampak bencana banjir bandang di Muaro Sungai Lolo, kecamatan Mappat Tunggul Selatan, kabupaten Pasaman, Senin,(24/2).

Bupati Agam Dr.Indra Catri, didampingi Asisten I Sekab Agam Rahman, Kepala Baznas Agam H.Eldi Zein, kepala DPMN Agam Teddy Martha, kepala Dinas Sosial Rahmi Artati, Kabag.Protokol-Komunikasi Pimpinan Sekab.Agam Kasman Zaini, camat Tilatang Kamang Ade Harlien bersama beberapa kepala OPD dan camat lainnya, menempuh medan berat untuk mencapai lokasi terdampak bencana yang berada di balik pebukitan yang tinggi dan terjal.

Untuk mencapai lokasi, rombongan Dr.Indra Catri yang harus menempuh medan berat dan ekstrem, dengan jarak tempuh hingga 6 jam menuju lokasi, menggunakan kendaraan, bahkan mobil dinas bupati bersama para pejabat lain terpaksa ditinggalkan di kaki bukit, karena tidak kuat menerjang medan berlumpur dan berbahaya.

Rombongan yang sampai di posko nagari Muaro Sungai Lolo, menyerahkan batuan uang tunai Rp50 juta, beras 250 kilogram, selimut dan family kit 50 paket serta sayur-mayur untuk para korban pasca bencana banjir bandang itu, disambut suka cita masyarakat sempat.

Bahkan dengan beragam komentar gembira, masyarakat setempat menyebut bahwa bupati Agam Dr.Indra Catri adalah “dunsanak “ mereka yang peduli akan nasib saudaranya yang tertimpa musibah, nun jauh di pelosok desa, bahkan merupakan daerah paling ujung di kabupaten Pasaman yang berbatas langsung dengan propinsi Riau.

Bantuan diserahkan Bupati Agam, Indra Catri yang diterima Widna, salah seorang korban bencana Widna, Sekretaris Nagari Muaro Sungai Lolo, Syafrin, yang mengungkap duka mendalam atas musibah yang melanda masyarakat Muaro Sungai Lolo tersebut.

Dampak bencana banjir bandang itu, merusak puluhan rumah dan lahan pertanian warga setempat, bahkan menyebabkan 2 warga meninggal dunia akibat diterjang banjir bandang yang terjadi tanggal 15 Februari 2020 lalu itu. HARMEN

#Agam Peduli Berbuah Simpati
Warga Pasaman Sambut Baik Indra Catri

Perjalanan kemanusian yang menempuh medan berat rombongan Bupati Agam Dr.Indra Catri ke Muaro Sungai Lolo, kecamatan Mappat Tunggul Selatan, kabupaten Pasaman mendapat sambutan hangat dari berbagai tokoh masyarakat kabupaten Pasaman.

Bahkan bupati Pasaman H.Yusuf Lubis menyambut hangat dan menjamu rombongan bupati Agam menjelang mengantarkan bantuan ke lokasi bencana Minggu,(23/2) malam di Rao, Pasaman.

Di Rao, Pasaman, bupati Indra Catri bersama rombongan secara khusus dijamu tokoh masyarakat setempat dengan makan durian, bahkan cukup lama bupati dan beberapa tokoh Pasaman itu berdiskusi sambil bercerita tentang masa lalu, saat Indra Catri menempuh pendidikan di Pasaman.

“ Saya dibesarkan di Pasaman, saya sekolah di Pasaman, “ ungkap Indra Catri menjawab tanya yang terbangun dengan sendirinya saat bupati Agam itu berdiskusi akrab dengan banyak tokoh masyarakat setempat secara spontan.

Bahkan, menjelang ke lokasi mengantarkan bantuan untuk korban pasca bencana banjir bandang di Muaro Sungai Lolo, kecamatan Mappat Tunggul Selatan, bupati Agam Indra Catri bahkan didaulat secara tiba-tiba oleh para tokoh pemuda Panti, Pasaman untuk membuka pertandingan sepakbola yang kebetulan sore itu baru akan digelar.

Karena dirayu dan dikerubungi banyak tokoh pemuda dan masyarakat yang “mambana” akhirnya bupati Indra Catri bersedia membuka pertandingan sepakbola di lapangan sepakbola Panti, kecamatan Panti, kabupaten Pasaman dalam event Harimau Panti Cup I -2020.

“ Sebagai dunsanak, dan mewakili kita semua, saya buka pertandingan sepakbola Harimau Panti Cup I 2020, sebagai wujud silaturrahmi dan persaudaraan yang takkan lekang dek paneh dan tidak akan lapuak dek hujan, “ sebut Indra Catri.

Usai membuka pertandingan sepakbola itu, rombongan bergerak ke lokasi pasca bencana menghadang medan berat, di balik bukik menempuh jalan terjal dan tinggi, bahkan banyak kendaraan rombongan yang “mambana” dan terpaksa ditinggalkan di jorong Bangkok, nagari Muaro Sungai Lolo, persis dibawah bukit yang akan didaki rombongan.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top