Kaba Otomotif

Ini Tips Membeli Pelek Bekas Berkualitas

Mengganti pelek menjadi salah satu modifikasi sederhana untuk mendongkrak tampilan mobil kesayangan.

Bahkan, pemilik kendaraan bisa dengan bebas, memilih pelek sesuai dengan gaya dan budget yang dimiliki. Untuk meminimalisir pengeluaran modifikasi, beli pelek bekas bisa menjadi solusi.

Namun, jangan sembarangan, dan harus memperhatikan beberapa hal agar mendapatkan pelek bekas namun kondisinya masih bagus.

Berikut adalah tips membeli pelek bekas:

Cek sejarah pemakaian pelek oleh pemilik sebelumnya

Membeli pelek dari orang-orang yang dikenal akan lebih aman, karena bisa tahu kondisi pelek dari cara pemilik sebelumnya dalam memperlakukan kendaraannya.

Baca Juga:  Ini Cara Agar Harga Mobil Bekas Bernilai Tinggi

Kalau pemiliknya sangat perhatian terhadap mobilnya, umumnya kondisi pelek juga masih bagus.

Cek fisik pelek

Cek dengan teliti bagian luar pelek, khususnya pada bagian yang mungkin ada cacatnya. Jika ada, cek lagi apakah kerusakan masih dalam batas wajar atau bisa direparasi. Jika kerusakan terlalu parah, maka batalkan niat Anda untuk membelinya.

Jangan beli pelek retak

Biasanya keretakan pelek ada di sisi dalam center bore, penampang luar atau sering disebut barrel, dan juga lubang-lubang baut.

Baca Juga:  Yamaha Aerox 155 Baru Miliki 2 Fitur Canggih

Solusi mereparasi dengan dilas biasanya diberikan oleh para pedagang yang ingin tetap menjual pelek dagangannya walaupun dalam kondisi retak.

Tapi ingat, metode ini hanya sementara dan pelek bisa kembali retak saat terkena benturan.

Cek dengan teliti bibir setiap pelek

Cek dengan teliti bibir setiap pelek, khususnya kalau Anda tahu bahwa pemilik sebelumnya sering melintasi jalan rusak. Kondisi penyok atau peyang mungkin saja terjadi di pelek yang ingin dibeli.

Baca Juga:  Mitsubishi Xpander Facelift Diluncurkan, Ada Tambahan Fitur Baru

Kalau pelek yang penyok memang bisa diperbaiki tapi ingat biayanya lumayan besar, sekitar Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribuan.

Cek logo pelek

Adanya logo embos pada pelek, adalah salah satu ciri khas atau identitas pelek dengan kualitas dan spesifikasi yang baik.

Nah, perlu diwaspada kalau logo embos tersebut sudah mengalami rusak, karena mungkin saja itu adalah tanda pelek tersebut sudah pernah direparasi oleh pemilik sebelumnya atau direparasi oleh pedagangnya.

(Sumber: Liputan6.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top