Kaba Pemko Bukittinggi

Dasawisma Melati II Garegeh Ikuti Lomba Tingkat Provinsi

Bukittinggi, KABA12.com — Ketua Dasawisma Melati II RT 03/RW 01 Kelurahan Garegeh mengikuti penilaian Lomba Kelompok Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar. Rombongan tim penilai lomba itu langsung disambut Wakil Walikota Bukittinggi Senin (24/02). Penilaian juga dihadiri Ketua TP PKK Kota Bukittinggi, Wakil Ketua TP PKK, segenap pengurus, kepala SKPD, Ninik Mamak Bundo Banduang serta masyarakat sekitar.

Dedi Fatria Dt. Mangkuto Sutan, Tokoh Masyarakat Kelurahan Garegeh mengucapkan terima kasih kepada Pemko Bukittinggi yang telah mengangkat nama Garegeh. Selaku perwakilan masyarakat, ia merasakan jika dasawisma tidak ada, maka seluruh kegiatan kemasyarakatan bisa dikatakan vakum.

“Basisnya ada di dasawisma. Kelurahan Garegeh merupakan kelurahan yang cukup sibuk. Kegiatan gotong royong dan kegiatan partisipasi masyarakat berada ditangan Dasawisma. Khusus Dasawisma Melati II merupakan dasawisma yang punya kompetensi yang terbaik di Garegeh. Cukup banyak sumber daya dari dasawisma yang aktif melakukan pembinaan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga:  Walikota Launching Bantuan Non Tunai Keluarga Harapan

Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi, menyampaikan, cikal bakal seluruh kegiatan masyarakat adalah Dasawisma. Lewat program sekolah keluarga, dasawisma juga punya peran yang sangat penting. Dasawisma membina keluarga-keluarga sekitar untuk lebih baik dan lebih sejahtera. Salah satu contoh dalam memasyarakatkan penananaman bumbu dapur di rumah. Dalam rangka pemberdayaan keluarga dan penghematan pengeluaran.

Baca Juga:  Festival Multi Etnis 2017 Meriah

“Kami menilai, masyarakat Garegeh sangat kompak. Dalam masalah sosial, keagamaan, pemberdayaan masyarakat dan lainnya. Sehingga kami merasa Dasawisma Melati II Garegeh siap mewakili Provinsi Sumbar ke tingkat nasional. Setidak-tidak nya upaya yang kita lakukan menjadi amal ibadah kepada Allah SWT,” ujar Irwandi.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Ny. Wartawati Nasrul Abit, mengatakan, ia bersama lima anggota sengaja datang ke Garegeh untuk melakukan penilaian lapangan Dasawisma Melati II. Untuk mendapatkan informasi yang nyata tentang kegiatan yang trlah dilaksanakan terutama Dasawisma dalam menggerakkan 10 program PKK. Dasawisma adalah ujung tombak kegiatan PKK ditengah masyarakat. Dasawisma Melati II telah masuk lima besar nominasi calon juara untuk tingkat kota.

Baca Juga:  Gagas Kelurahan Cyber, Wako 'Diganjar' Upakarya Wanua Nugraha

“PKK mempunyai peran yang besar mewujudkan keluarga yabg sejahtera dan mandiri. Sangat berkaitan dengan keberhasilan dasawisma sebagai ujubg tombak. Kegitan PKK tidak akan berhasil jika dasawisma nya tumpul dan tidak aktif. Terutama berkenaan dengan data dan kondisi masyarakat setempat,” ungkapnya.

Dasawisma, lanjut Ny. Wartawati, diharapkaan dapat membantu pemerintah dalam pecatatan pendataan. Dengan sistuasi, iklim dan lingkungan kita yang rawan bencana, tentu sebagai kader dasawisma kita harus bisa mengantisipasi, menguatkaan fisik agar bisa melewati bencana dengan sehat dan kuat.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top