Kaba Olahraga

5 Manfaat Olahraga Tenis

Foto: Blibli.com

Tenis lapangan dikenal sebagai olahraga yang bisa dimainkan oleh orang-orang dari segala usia. Mulai dari anak kecil, hingga orangtua sering terlihat ikut bermain olahraga ini di akhir pekan.

Tenis lapangan adalah olahraga yang menyenangkan dan memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Untuk bisa menguasainya, Anda perlu memiliki skill yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Tenis lapangan pun menerima berbagai pujian untuk manfaatnya yang besar dalam segi fisik, mental, dan emosional. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, simak di bawah ini!

Meningkatkan Kebugaran Kardiovaskular

Siapa Permainan ini membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan mempertahankan tingkat energi yang lebih tinggi. Dengan intensitasnya yang tinggi, tenis bisa membantu jantung untuk memompa darah lebih efisien.

Ketika kebugaran kardiovaskular Anda meningkat, maka peredaran darah Anda akan semakin lancar, serta mempertahankan tubuh untuk lebih kebal dari penyakit.

Baca Juga:  Pertama, Indonesia Tuan Rumah Esports Free Fire Champions

Meningkatkan kekuatan dan koordinasi tubuh anda sudah tidak asing dengan teknik backhand swing, forehand swing dan smash shot pada saat bermain tenis lapangan? Ketiga gerakan tersebut memerlukan kekuatan otot tubuh Anda. Bermain tenis lapangan membutuhkan konsentrasi untuk berpikir taktis, serta tingkat waspada yang tinggi, sehingga muncul koordinasi yang baik antara saraf pada otak.

Tenis lapangan akan meningkatkan kekuatan tangan dan kaki Anda. Koordinasi tubuh dari kepala hingga kaki yang membuat kemampuan refleks menjadi lebih baik.

Membakar Kalori dengan Cepat

Bukan hal yang baru jika tenis lapangan menjadi salah satu olahraga dengan intensitas tinggi. Begitu banyak gerakan yang dilakukan dari satu pojok lapangan ke pojok lainnya, sehingga tubuh pun membakar kalori dengan cepat.

Jika Anda gemar menonton pertandingan tenis, pasti Anda sudah familiar dengan durasi permainan yang bisa mencapai 4 jam. Jumlah kalori yang dibakar setiap jamnya dalam permainan tenis bisa mencapai 500 kalori, tergantung pada berat badan pemain.

Baca Juga:  Ingin Besarkan Otot Lengan Tanpa Fitnes? Ini Caranya

Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat bedan, Anda bisa mencoba tenis lapangan selama beberapa jam setiap hari. Lakukanlah bersama teman atau pasangan Anda agar terasa semakin menyenangkan.

Mengembangkan disiplin kunci dalam olahraga tenis lapangan ini adalah berlatih secara teratur. Latihan secara teratur bukan hanya bermanfaat pada tubuh, tetapi menjadikan Anda seorang yang disiplin.

Tenis lapangan tidak dapat dilakukan hanya sekali atau dua kali jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal untuk tubuh.

Memiliki sikap disiplin akan mencerminkan Anda sebagai seseorang yang bertekad kuat atau tekun dalam mencapai sesuatu hal yang diinginkan. Dengan begitu, Anda dapat memperbaiki diri dari segi kesehatan dan sikap agar menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga:  Prestasi Kejuaraan Berkuda di Portugal Buah Kerja Keras 20 Tahun

Merencanakan dan Melaksanakan Strategi

Tenis lapangan menjadikan Anda fokus untuk berpikir apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Anda harus bisa menentukan strategi apa yang harus diambil untuk mengetahui gerak lawan bermain. Selain itu, sebuah strategi dan taktik juga bisa digunakan untuk menguji emosi lawan dan melancarkan serangan pada kelemahan lawan. Ini bukan berarti bermain curang, namun cerdas dalam memanfaatkan situasi pada saat pertandingan. Contohnya adalah membuat lawan banyak berlari, sehingga ia akan sering membuat kesahalan dan tidak bisa mengembalikan bola.

Tingkat kesadaran yang tinggi akan kesehatan perlu Anda perhatikan dari sekarang. Mengikuti olahraga tenis lapangan ini hanya sebagian dari banyak langkah untuk menikmati hidup sehat dan bahagia.

(Sumber: dbs.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top