Kaba Hobi

Ini 9 Manfaat Dari Hobi Membaca

Bagi beberapa orang, aktivitas membaca sering kali dianggap sebagai aktivitas yang membosankan. Padahal membaca adalah aktivitas yang sangat menyenangkan dan bermanfaat terutama bagi otak.  Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang suka membaca akan lebih bahagia. Benarkah demikian? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut manfaat dari hobi membaca:

1. Mengasah kemampuan otak

Manfaat membaca adalah mengasah kemampuan otak. Membaca juga sebagai sarana untuk menambah wawasan serta pengetahuan. Para ahli mengungkapkan jika membaca bisa merangsang segala saraf otak untuk bekerja lebih baik dan mengesankan.

Selain itu, setiap kali membaca sesuatu, otak akan membuat satu ruang baru untuk menyimpannya. Sehingga kapasitas memori otak pun terus bertambah demikian juga dengan kemampuan berpikir. Sehingga dapat berpikir kritis, karena sudah sering menganalisis detail dan plot di buku yang telah dibaca.

2. Pengetahuan bertambah

Pengetahuan sudah pasti didapatkan dengan hobi membaca. Karena ketika membaca, otak akan dipenuhi dengan beragam informasi baru. Dengan banyaknya pengetahuan, akan lebih mudah menghadapi kesulitan atau rintangan di kehidupan. Dengan membaca juga seakan sedang melihat beragam orang serta tempat yang belum pernah dikunjungi.

3. Memperluas kosakata

Semakin banyak membaca, bertambah pula kosakata baru yang dipelajari. Dengan membaca, juga bisa menambah pengetahuan bahasa asing. Sehingga bisa membantu berkomunikasi di kehidupan sehari-hari.

4. Bahagia

Beberapa penelitian menemukan bahwa orang-orang yang punya hobi membaca lebih bisa menekan emosinya, lebih puas dengan kehidupannya dan lebih nyaman dengan dunianya. Orang-orang yang hobi membaca juga lebih sabar dan tidak mudah gegabah.

5. Mencegah alzheimer

Membaca bermanfaat untuk mengasah dan merangsang kemampuan otak, sehingga bisa membuat otak awet sehat sehingga terhindar dari risiko alzheimer, hilang ingatan hingga gagal fokus. Hal ini disebabkan ketika membaca, akan mengingat plot, karakter, sejarah, juga latar belakang cerita, sehingga kemampuan untuk mengingat terus terasah.

6. Konsentrasi

Saat membaca, seluruh perhatian akan terfokus pada bacaan tersebut. Orang-orang yang gemar membaca akan memiliki daya ingat tinggi, konsentrasi, dan fokus. Membaca sekitar 15-20 menit sebelum berangkat kerja atau kuliah, agar lebih fokus saat beraktivitas.

7. Menurunkan stres

Salah satu cara mengurangi stress adalah dengan membaca. Sebab dengan membaca buku atau artikel favorit, maka akan terhanyut dengan isi di dalam cerita. Sehingga stres dapat terlupakan. Membaca juga dipercaya dapat memberikan ketenangan batin dan menurunkan tekanan darah.

8. Kualitas tidur

Punya hobi membaca sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur. Ini juga sangat memungkinkan membantu tidur lebih cepat dan nyenyak.

9. Meningkatkan karir

Orang yang gemar membaca dan memiliki pengetahuan yang luas akan cenderung lebih mudah diterima kerja. Ketimbang mereka yang tidak suka membaca dan tidak tahu tentang informasi terbaru yang sedang terjadi. Mereka pun bakal lebih mudah bergaul dengan berbagai karakter orang.

Kini membaca tidak perlu mahal, selain dengan meminjam buku di perpustakaan, juga bisa lewat internet atau mengunduh aplikasi yang dapat mempermudah kegiatan membaca. Selamat membaca!

(Sumber: elshinta.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top