Kaba Kuliner

Pangek Ikan Bilih Danau Singkarak

Ikan bilih adalah ikan yang hanya hidup di Danau Singkarak, Sumatera Barat. Ikan ini berukuran kecil, kurang lebih seukuran jari-jari tangan orang dewasa.

Pangek bilih merupakan salah satu jenis olahan masakan yang berbahan dasar ikan endemik ini. Bumbunya sendiri tidak terlalu banyak. Di antaranya, daun kunyit, batang kemiri dan cabai yang diiris hingga halus dan rempah-rempah lain.

Baca Juga:  Lezatnya Katan Durian, Kuliner Minang Yang Bikin Nagih

Pangek bilih merupakan olahan yang kaya rempah, terutama yang berasal dari kunyit. Pangek hampir sama dengan rendang. Olahannya memiliki daya tahan yang lama. Sehingga dulu, orang-orang yang pergi ibadah haji ke Mekah, selain membawa rendang, ada juga yang membawa pangek. Pangek bilih bagi masyarakat sekitar merupakan sajian wajib ketika ada acara adat atau keagamaan.

Baca Juga:  Kue Cantik Khas Minang

Jika Anda hendak mencicipinya, silahkan berkunjung ke Sumatera Barat, tepatnya di Danau Singkarak. Di rumah-rumah makan yang terdapat di sepanjang bibir danau, Anda bisa memesan pangek bilih. Lumayan, pasti Anda akan merasakan kenikmatan dunia makan pangek bilih sambil menikmati indahnya bentang alam Danau Singkarak.

Baca Juga:  Dendeng Batokok, Kuliner Minang Penggugah Selera

Meskipun Minangkabau banyak memiliki masakan yang hampir disukai di seluruh Indonesia, bahkan rendang dinobatkan menjadi makan terenak di dunia, tapi cobalah untuk cicipi pangek ikan, karena olahannya khas dan bahannya juga hanya terdapat di Sumatera Barat, jadi rugi Anda jika tidak menyempatkan diri mencicipi makanan ini ketika berkunjung ke ranah Minang.

(Sumber: www.saribundo.biz)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top