Kaba Edukasi

Tips Memilih Permainan Anak Yang Mendidik

Ilustrasi

Mempelajari lingkungan sekitar adalah tugas penting anak selama tumbuh dan berkembang. Membiarkan anak belajar secara mandiri dari berbagai hal yang ditemuinya adalah bagian penting dari edukasi anak. Itu sebabnya dalam berbagai tips mendidik anak, menyediakan permainan anak yang mendidik adalah tugas utama orang tua.

Memberikan mainan edukasi anak tentu tidak bisa sembarangan. Selain memerhatikan jenis permainan dan manfaatnya, ada beberapa hal lain yang patut dipertimbangkan:

Sesuai dengan usia

Perkembangan anak berbeda sesuai dengan usianya. Karena itu, pilihlah permainan mendidik yang sesuai usia si kecil. Contohnya, anak berusia di bawah 1 tahun bisa diberi permainan yang merangsang panca-indra. Permainan yang merangsang otak seperti puzzle atau menggambar maze bisa diberikan untuk anak usia 3 tahun ke atas.

Bahan berkualitas

Tidak semua mainan edukatif dibuat dengan kualitas bahan yang baik. Sebaiknya perhatikan kerapian pembuatan serta bahan mainan yang aman untuk anak. Beberapa mainan memiliki tanda ‘Aman untuk Anak’. Jika menggunakan pewarna, pastikan tidak mudah luntur, khususnya untuk balita yang suka memasukkan benda ke dalam mulut.

Sesuai minat anak

Setiap anak tentu memiliki minat berbeda-beda. Perhatikan kesukaan si kecil saat bermain sehari-hari. Mengetahui kegemarannya menjadikan Anda bisa memilihkan mainan yang tepat. Si kecil pun akan lebih antusias bermain dengan mainan yang sesuai minat dan kesukaannya.

(sumber: rinso.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top