Kaba Kuliner

Pisang Kapik, Kuliner Unik Bukittinggi Wajib Dicoba..!!!

Bukittinggi adalah surganya kuliner di Sumatera Barat. Kota yang pernah menjadi ibukota pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia ini punya banyak makanan yang bisa memanjakan lidah salah satunya ialah pisang kapik.

Pisang Kapik berbahan dasar Pisang Kepok, pisang yang biasanya disajikan digoreng dan dijadikan teman suguhan kopi dan teh hangat. Namun di Kota Bukittinggi, pisang kepok disajikan dengan cara dibakar di atas bara arang dari tempurung kelapa.

Usai dibakar, pisang dikepit dengan alat penjepit. Itulah mengapa dinamakan pisang kapik karena pisang disajikan dengan cara dikepit, untuk menghasilkan bentuk pisang yang gepeng membulat.

Pisang dibubuhi parutan kelapa yang sudah diolah dengan gula merah yang dicairkan. Olahan pisang kepok ini memiliki kombinasi rasa manis asam, dan rasa sepat berpadu dengan legitnya pisang kapik ditambah dengan sensasi bau arang terbakar.

Menurut penjualnya, dulu hanya menggunakan parutan kelapa biasa sebagai topping. Namun, karena cepat basi, parutan kelapa itu lalu diberi larutan gula merah supaya tahan lama. Sehingga pisang kapik ini bisa tahan sampai dua hari.

Harga satu porsi hanya dibanderol Rp 7,000 saja. Terjangkau, bukan? Penganan ini bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang berburu kuliner di Kota Bukittinggi, sebab penganan ini sangat cocok disantap untuk menemani suasana sejuk di kota yang dulu bernama Fort de Kock ini.

(Sumber: jelajahsumbar.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top