Kaba Kuliner

Pical Sikai Khas Bukittinggi

Kalau ke Bukittinggi, jangan cuma mengunjungi warung nasi Kapau paling enak tapi mampir juga ke Pical Sikai untuk mencicipi pecel ala Minang.  Pical adalah versi Sumatera-nya pecel Jawa, yaitu aneka sayuran rebus disiram bumbu kacang dan dimakan dengan lontong.

Pical Sikai ini unik karena pakai jantung pisang. Terdiri dari daun pucuk ubi, daun lobak Singgalang dan disiram bumbu kacang, lalu di atasnya ditaburi kerupuk merah ala Minang. Paling atas ditaruhlah segelondong besar katupek alias ketupat!

Kalau di pecel Jawa biasanya irisan lontongnya ditaruh paling bawah, baru ditutupi sayur dan bumbu kacang. Pical lebih nikmat bila diaduk rata. Setelah itu aduk dan langsung dimakan.

Suapan pertama masuk ke mulut. Bumbu kacangnya terasa gurih dan sedikiiit manis, sayurannya segar dan kerupuk merahnya menambah keseruan sensasi kunyahan dengan suara kriuk-kriuk yang riuh.

Kedai ini sudah berdiri sejak tahun 1948, dikelola oleh ibu Khairiah. Sejak pertama berdiri konsisten menyajikan pical, katupek sayur dan lamang tapai.

(Sumber : lifetimejourney.me)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top