Kaba Pemko Bukittinggi

Apel Kesiapsiagaan Antisipasi Bencana Alam

Bukittinggi, KABA12.com — Bencana alam merupakan peristiwa alam yang dapat mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia, oleh karenanya perlu dilakukan langkah- langkah penanggulangan dalam menghadapi bencana tersebut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan, bahwa di Provinsi Sumatera Barat sangat berpotensi terjadinya bencana banjir, banjir bandang, tanah longsor, gempa, tsunami, angin puting beliung, abrasi pantai, dan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Sebagai tindak lanjut dan langkah mengantisipasi bencana alam tersebut, Polres Bukittinggi bersama dengan stake holder terkait, Sabtu (15/02), mengadakan Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Kewilayahan dalam penanggulangan bencana, di Lapangan Wirabraja Kodim 0304/Agam.

Apel gelar pasukan ini dipimpin oleh Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso, didampingi oleh Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi, dan Dandim 0304/Agam Letkol Infanteri Victor Andhyka Tjokro, serta udangan lainnya.

Pada kesempatan itu Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso, menyampaikan, seluruh instansi dan stake holder lainnya di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam agar dapat bersinergi untuk melakukan pencegahan dan mitigasi bencana, melakukan rehabilitasi lahan dan perbaikan lingkungan, rekayasa teknik, rekayasa sosial, penegakan hukum, dan penyadaran kolektif untuk seluruh masyarakat dalam penanggulangan bencana.

“Bencana yang berpotensi berupa banjir, longsor, gempa, tsunami, angin kencang, dan kebakaran hutan, serta sesuai instruksi dari Mabes Polri, kita diminta mengambil langkah persiapan seperti membentuk posko siaga di daerah Matur dan Bukittinggi,” terangnya.

Menurut Iman Pribadi Santoso, seluruh aparatur harus siap siaga dan berkoordinasi dengan seluruh pihak, dalam hal ini Polres Bukittinggi juga menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam tanggap bencana, serta besaran anggaran tak terduga yang juga mesti disiapkan, sehingga dapat digunakan setiap saat.

“Polres Bukittinggi akan menyebarluaskan informasi tentang potensi bencana ke masyarakat, karena bencana adalah tanggung jawab bersama, dan diharapkan dukungan dari semua pihak untuk menindaklanjutinya,” sebut Kapolres.
Iman Pribadi Santoso menambahkan, sejumlah lokasi berpotensi bencana, khususnya banjir dan longsor yang kerap terjadi, di antaranya di Malalak, Palupuah, Baso dan beberapa titik yang berpotensi terjadinya banjir di Kota Bukittinggi.

Dalam Apel Gelar Pasukan ini, juga ditampilkan semua berupa peralatan dan kendaraan yang ada di setiap instansi dan semua stakeholder, hal ini menunjukkan keseriusan aparat pemerintah dalam melakukan penanggulangan apabila terjadi bencana alam.

Dalam kesempatan Apel Gelar Pasukan tersebut, Bupati Agam diwakili oleh Sekda Kabupaten Agam Martias Wanto, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, Perwakilan Anggota DPRD Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, Kepala BPBD Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

Para Kabag Se Polres Bukittinggi, Kasat Sejajaran Polres Bukittinggi, Kapolsek Sejajaran Polres Bukittinggi, 1 (satu) SST perwira gabungan Polres / Polsek Sejajaran Polres Bukittinggi, 1 (satu) SST POM TNI-AD, Provos Polri, 1 (satu) SST Personil Kodim 0304 / Agam, 2 (dua) SST Gabungan Personil Polres dan Polsek Sejajaran Polres Bukittinggi, 1(satu) SST Dinas Perhubungan Kota Bukittinggi, 1 (satu) SST Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bukittinggi, 1 (satu) SST BPBD Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, 1(satu) SST Dinas Kebakaran Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, 1 (satu) SST Tagana Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, 1 (satu) SST PMI Kota Bukittinggi, 1 (satu) SST operator alat berat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, Gabungan Unit Ranmor dari Personil Kodim 0304/ Agam, Personil Polres Bukittinggi, Personil BPBD Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, serta Personil Tagana Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top