Kaba Hobi

Hobi Touring? Simak 3 Tips Penting Untuk Para Bikers

Instagram: @riskyakbar1120

Touring menjadi salah satu kegiatan yang paling disukai oleh bikers. Bahkan banyak komunitas bikers berkumpul untuk touring jarak jauh seperti ke luar kota.

Lalu adakah tips touring motor sendiri jika tidak memiliki komunitas? Biasanya orang-orang akan touring sendiri ketika musim pulang kampung. Banyak perantauan memilih naik motor karena dipandang lebih praktis dan efisien waktu.

Disisi lain selain lebih efisien, touring sendiri memiliki beberapa hal yang perlu diwaspadai tak terkecuali berbagai resiko. Untuk itulah, ketika akan melakukan touring sendiri, perlu memperhatikan beberapa tips touring motor sendiri.

Tips penting untuk bikers yang hobi touring motor sendiri:

Cek Kondisi Kendaraan

Tips touring motor sendiri yang pertama dan yang paling penting adalah cek kondisi motor. Tidak hanya berlaku motor lama saja melainkan motor dalam kondisi masih baru pun perlu diperhatikan. Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan.

Kemungkinan-kemungkinan bisa saja terjadi seperti jalanan sepi dan jarang penduduk lalu motor kamu macet tentu ini menjadi masalah yang cukup serius. Maka tidak ada salahnya apabila akan touring cek kembali kondisi mulai dari mesin, kondisi ban, lampu dan yang lainnya. Jangan lupa untuk membawa toolkit sehingga lebih aman serta nyaman di perjalanan jika ada masalah pada motor.

Susun Rencana Touring

Rencana touring motor sendiri membutuhkan persiapan yang matang karena kamu dituntut untuk menangani masalah sendiri baik motor atau hal lainnya selama di perjalanan.

Untuk itulah tips touring motor sendiri Sebaiknya untuk menentukan tujuan yang ingin kamu kunjungi apakah hanya satu tempat atau beberapa tempat sekaligus. Sebagai jaga-jaga, sebaiknya menyiapkan rute yang harus di pilih. Meskipun saat ini sudah dilengkapi dengan GPS namun hal itu sebagai alternatif saja. Hal yang terpenting adalah mengetahui medan dan rute jalan. Hal penting yang tidak kalah penting selama touring adalah dana.

Dan jangan lupa membawa uang cadangan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti kondisi motor yang tiba-tiba rusak parah dan harus dibawa ke bengkel dsb.

Siapkan Pembekalan Yang Cukup

Tips touring motor sendiri yang selanjutnya adalah pembekalan. Pembekalan ini bukanlah bento atau makanan bekal yang kamu bawa selama perjalanan melainkan perlengkapan yang perlu kamu butuhkan selama perjalanan.

Sebagai biker yang touring sendiri, tentu terdapat beberapa perlengkapan yang harus kamu bawa karena tidak ada orang lain yang bisa kamu minta tolong. Seperti yang telah kita ketahui, touring motor sendiri bisa menjadi petualangan yang cukup panjang sehingga akan mempengaruhi fisik dan mental.

Nah, agar tidak terjadi kesalahan ataupun kelelahan perlengkapan yang wajib kamu bawa dalam tips touring motor sendiri ini antara lain jaket motor yang tebal, sarung tangan, rompi, sepatu, masker dan helm.

Perlengkapan lain yang perlu kamu bawa antara lain obat-obatan, jas hujan, sandal, pakaian ganti, dan air mineral. Dan yang paling terpenting adalah membawa surat-surat berkendara yang lengkap mulai dari KTP, SIM dan STNK.

(Sumber: Setangsetir.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top