alterntif text

Pariwara Pemko Bukittinggi

Bukittinggi Kembali Raih Penghargaan SAKIP Predikat BB

Bukittinggi, KABA12.com — Awal tahun 2020, Pemko Bukittinggi menyabet prestasi membanggakan di bidang Akuntabilitas Kinerja dengan meraih Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat “BB”.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Tjahjo Kumolo pada acara penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Wilayah I di Radison Golf & Convention Center Batam, Kepulauan Riau, Senin (10/02).

Penghargaan yang diterima Kota Bukittinggi pada tahun ini masih sama dengan tahun lalu yakni dengan predikat BB. Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias memberikan apresiasi yang tinggi kepada SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi.

“Penilaian SAKIP ini menunjukkan bagaimana kemampuan Pemerintah Kota Bukittinggi dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran sehingga dapat dipertanggungjawabkan demi memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat Kota Bukittinggi, tahun lalu Pemko Bukittinggi mendapatkan predikat BB dan tahun ini dapat dipertahankan dan bahkan ada peningkatan nilai,” ungkap Ramlan.

Dikatakan, hasil yang diperoleh merupakan cerminan dari kinerja Pemko Bukittinggi dan tentunya termasuk kinerja ASN nya Bukittinggi. Karena SAKIP sendiri merupakan sebuah instrumen yang digunakan pemerintah untuk mendukung tegaknya Reformasi Birokrasi Bidang Akuntabilitas.

Ramlan menjelaskan, dengan predikat BB ini berarti anggaran APBD telah digunakan untuk mencapai sasaran yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan ada kesesuaian dalam dokumen perencanaan mulai dari visi, misi dalam RPJMD, rencana strategis, rencana kinerja, program dan kegiatan. Dengan predikat nilai SAKIP yang diperoleh ini tentunya kita bersyukur, karena nilai tinggi ini membuktikan bahwa pemerintah daerah telah berupaya membelanjakan anggaran daerah dengan efektif dan efisien dalam mencapai sasaran,” terangnya.

Selanjutnya Wako berharap dengan prestasi tersebut akan menjadi penyemangat bagi seluruh Aparatur Sipil Negara Pemerintah kota Bukittinggi untuk meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat.

Turut hadir mendampingi Walikota pada penerimaan penghargaan tersebut Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi Yuen Karnova, Inspektur Amri, Kepala Bapelitbang Rismal Hadi dan Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Ade Mulyani.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top