Kaba Perempuan

Menikah Dengan Perempuan Minang? Ini Istimewanya

Instagram: @rsyfotografi

Budaya Minangkabau merupakan salah satu kekayaan bangsa Indonesia. Etnis Minangkabau memegang paham matrilineal yang sangat unik. Dimana menempatkan perempuan Minang dalam posisi yang sangat istimewa. Perempuan Minangkabau merupakan sosok yang agung dan amat sangat dihormati. Perempuan Minang bukan hanya sebagai pelengkap ibu rumah tangga. Melainkan tokoh yang memiliki hak suara.

Pendapatnya didengar, pertimbangannya diperlukan. Nilai seorang perempuan Minang sangat tinggi dan bahkan mampu membuat sebuah kebijakan.

Adat dan budaya Minangkabau sangat kuat. Dalam sendi-sendi sosial, kehidupan orang minang, tata cara berprilaku sangat menjungjung tinggi moralitas yang dipengaruhi nilai-nilai ke Islaman.

Juga demikian dengan penempatan peremuan Minang. Jika dilarikan ke falsafah adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah penghormatan Minangkabau terhadap perempuan selaras dengan penghormatan syarak/agama Islam terhadap mereka, sebagaimana termaktubnya surat khusus bernama An-Nisa (perempuan) dalam kitabullah (Al-Qur’an).

Baca Juga:  Kemampuan Hebat Yang Dimiliki Perempuan

Inilah beberapa keistimewaan ketika kamu memutuskan menikah dengan perempuan minang:

1. Ahlinya urusan dapur

Perempuan keturunan Minang wajib bisa memasak. Selain untuk mempertahankan tradisi kulinernya, hal ini juga merupakan budaya turun-temurun yang masih dipegang teguh oleh suku tersebut.

2. Jiwa pebisnis mengalir kuat dalam darah mereka

Perempuan Minang juga pintar berbisnis. Mereka tak akan segan untuk berdagang atau membuka usaha sendiri demi membantu sang suami atau sekadar untuk hidup mandiri. Tak heran, karena orang Minang mewarisi tradisi lama kerajaan Sriwijaya yang memang pandai berdagang.

3. Pengelola keuangan yang hemat dalam pengeluaran

Poin ini masih terkait dengan bahasan sebelumnya. Mungkin karena budaya mereka sebagai perantau, orang-orang Minang sangat hemat dalam urusan uang. Saking pinternya mengatur keuangan, banyak orang menganggap kalau mereka orang yang pelit.

Baca Juga:  Perempuan Lebih Cepat Dewasa dari Laki-laki, Benarkah?

Jadi khawatir jika gaji yang kamu terima sering habis tak berbekas, tanggal muda masih lama, kamu bisa kok mempercayakan manajemen keuangan kamu.

4. Perempuan Minang tak risau jika diajak merantau

Konon, pria yang sudah menginjak akil baligh atau cukup umur diharuskan merantau ke daerah lain. Apabila tidak, pemuda tersebut akan menjadi pusat cemoohan warga di sana. Kaum perempuan pun sudah lazim bepergian mengadu nasib ke daerah lain. Alasan mereka merantau umumnya adalah untuk berdagang, menimba ilmu, meniti karier, atau ikut suami.

Ketika beberapa perempuan lebih memilih untuk menetap di daerah mereka dilahirkan yang biasanya disebabkan oleh faktor kedekatan keluarga atau kerabat, kamu yang punya pasangan perempuan berdarah Minang, tak perlu takut jika nanti ia menolak kamu ajak tinggal di kota lain. Perempuan Minang siap menemani ke mana pun suaminya pergi.

Baca Juga:  Wanita Hebat Tidak Harus Cantik

5. Penganut Matrilineal

Perempuan Minang merupakan penganut paham matrilinear terbesar di dunia. Adat dan budaya mereka menempatkan pihak perempuan bertindak sebagai pewaris harta pusaka dan kekerabatan.

Garis keturunan dirujuk kepada ibu yang dikenal dengan Samande (se-ibu), sedangkan ayah mereka disebut oleh masyarakat dengan nama Sumando (ipar) dan diperlakukan sebagai tamu dalam keluarga. Maka, sebagai anggota keluarga yang kedudukannya hampir setara dengan kepala keluarga sifat kepemimpinan mereka sudah dibina oleh orang tuanya sejak belia.

Setiap suku, entah itu perempuan atau laki-laki, tentu punya budaya dan keunikan tersendiri. Selama kamu bisa saling menghormati dan menghargai budaya satu sama lain, niscaya bahtera kehidupan kamu dengannya akan baik-baik saja.

(sumber: www.boombastis.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top