Kaba Terkini

Angin Kencang, 1,5 Ton Ikan di Danau Maninjau Mati

Lubukbasung, KABA12.com — Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam, menyatakan sekitar 1,5 ton ikan jenis nila siap panen di Danau Maninjau, Kecamatan Tanjungraya kembali mati massal akibat angin kencang melanda daerah itu.

Menurut Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto, Rabu (5/02), ikan ini berasal dari 15 unit keramba jaring apung milik tiga orang petani yang berada di Linggai, Nagari Duo Koto sebanyak satu ton dan Koto Gadang 500 kilogram.

Baca Juga:  Angin Kencang, 3 Rumah Rusak Parah Diterjang Badai

Akibat kejadian itu, petani mengalami kerugian sekitar Rp39 juta karena harga ikan di tingkat petani Rp26 ribu per kilogram.

Dijelaskan, ikan itu mati akibat angin kencang melanda daerah itu beberapa hari lalu, sehingga oksigen berkurang di dasar perairan danau vulkanik itu, karena naiknya sedimen di dasar. Dengan kondisi itu, ikan mengalami pusing dan keluar ke permukaan danau untuk mencari udara.

Baca Juga:  Meninggal di RSUD Lubukbasung- PDP Negatif

Untuk itu, pihaknya mengimbau petani untuk segera memanen ikan sudah besar dan pindahkan ikan yang sudah disemai ke kolam air tenang agar tidak mengalami kerugian.

Selain itu, petani tidak membuang bangkai ikan ke dalam danau, karena dapat mengakibatkan pencemaran air danau.

Baca Juga:  Puting Beliung Hantam Rumah Warga di Bukik Batabuah

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top